Solusi Mengatasi Mata Merah

Mengatasi Mata Merah

Mengatasi mata merah dalam Kondisi saat sedang sakit mata, terutama mata merah sangatlah mengganggu, bahkan tidak nyaman dalam melakukan aktivitas sehari-hari, terlebih dalam pekerjaan yang fokus menggunakan mata seperti membaca, menulis ataupun melihat komputer atau gadget lainnya.

Mata merah jelas mengganggu hubungan lawan bicara atau orang lain disekitar kita. Penderita mata merah kerap merasa sakit, gatal, pegel, sepet, berair dan bengkak, penglihatan menjadi buram dan samar.

Penyebab Mata Merah

Beberapa kasus yang mengakibatkan mata merah adanya infeksi, pembuluh darah bagian mata yang membengkak menyebabkan mata menjadi iritasi dan berpotensi menjadi mata kering. Alergi juga berpotensi menjadi penyakit mata, menyebabkan luka pada mata, terlebih penyakit mata yang lebih serius disebabkan glaukoma atau ulkus kornea. Dilihat dari luar, mata yang merah nampak pada bagian putih mata terlihat merah terang, atau tipis berupa garis merah.

Penyebab pada kejadian umum

Konjungtivitis

Infeksi mata paling umum adalah konjungtivitis yang dapat menular ke mata orang disekitarnya atau yang berdekatan dengan penderita, rasa sepet dan mata pegel pada penderita konjungtivitis yang disebabkan pembuluh mata membengkak, serta lapisan tipis tipis yang menutupi sebagian atau sepenuhnya pada bola mata. Peradangan pada konjungtivitis mengakibatkan mata menjadi bengkak dan berair, berpotensi menjadi mata kering.

Banyak hal yang berpotensi dapat peradangan mata, mulai dari debu, asap polusi kendaraan dan alergi serta infeksi pada selaput kornea maupun kelopak mata ini menyebabkan gatal sekali di daerah mata, mengucek mata mengakibatkan infeksi dan masuknya virus pada luka dibagian dalam mata, mata menjadi berair dan memerah, mengeluarkan kotoran yang sering disebut belekan disertai kerak akibat kotoran yang mengeras di dalam sela antara kornea dan kelopak mata.

Mata Merah Mengakibatkan Mata Kering

Kurangnya kuantitas maupun kualitas jumlah produksi kelenjar air mata yang disebut sindrom mata kering, penguapan air mata yang berlebihan membuat mata menjadi kering dan menyebabkan mata merah.

Mata kering juga bisa dipicu oleh cuaca panas dan kering atau berangin, penggunaan lensa kontak secara terus-menerus, atau peradangan pada kelopak mata.

Disebabkan Luka

Luka yang mencederai mata akibat kecerobohan atau kecelakaan mengakibatkan goresan kecil pada kornea, kornea lecet atau usai menjalani operasi mata. Pendarahan akibat benda asing yang tidak disengaja (kelilipan) masuk kedalam mata mengakibatkan kornea tergores dan luka, luka bakar juga menjadikan mata merah.

Pengobatan Mata Merah

Solusi mengatasi mata merah jika mata memerah, untuk cepat mengatasinya menjadi hal yang lebih buruk lagi adalah dengan cara sebagai berikut:

Jangan memegang mata yang terinfeksi, karena dapat menular pada mata sebelahnya.

  • Jangan menggunakan lensa kontak atau make-up untuk sementara waktu.
  • Kompreslah pada bagian mata dengan kain lembut yang sudah dibasahi, ini dapat membersihkan mata serta menyejukan mata merah.
  • Solusi pengobatan mata merah pertama dengan obat tetes pengganti cairan air mata seperti insto dry eyes yang dapat melawan kuman dan bakteri dalam mata, serta menyegarkan mata yang terasa panas dan gatal.

Jika langkah di atas tidak berhasil, mata menjadi sensitif terhadap cahaya, rasa mual dan sakit pada sekitar mata, segera berobat ke dokter mata, untuk mengobati mata merah pada tingkat lanjut yang membutuhkan penangan insentif untuk mencegah penyakit mata merah yang lebih gawat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *