Sejarah Asal Mula Komputer Dari Awal Generasi

Bagaimana Asal Mula Adanya Komputer? Simak Sejarah Berbagai Macam Komputer Dari Generasi Ke Generasi

Lihatlah Melalui adanya perkembangan zaman tentunya juga akan mempengaruhi perkembangan teknologi saat ini. Seperti halnya dengan perkembangan teknologi komputer yang ada saat ini tentunya melewati perubahannya dari generasi ke generasi. Komputer adalah sebuah perangkat yang sangat penting yang dibutuhkan manusia saat ini. Memiliki fungsi salah satunya yaitu membantu menyelesaikan pekerjaan seseorang dengan cepat. Selain itu, komputer saat ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari awal munculnya keberadaan komputer. Dengan begitu maka akan memudahkan seseorang untuk membawa komputer kemana saja dan kapan saja.

Bagi dunia Anda yang tidak mengetahui bagaimana awal adanya komputer, maka Anda bisa menyimak informasi berikut ini. Saat melihat ke beberapa dekade yang lalu pastinya sudah mengenal sejarah komputer dan juga perkembangannya. Awal munculnya komputer tentunya tidak secanggih seperti saat ini, begitu juga untuk ukuran yang sangat besar dan juga berat.

5 Generasi Perkembangan Komputer

Sebagai informasi gadgets terdapat sejarah masa lalu dan perkembangan komputer yang dibagi menjadi lima generasi. Dari genarasi ke generasi akan mengahsilkan jenis komputer yang lebih kecil, efisien, tangguh, dan juga murah. Beberapa diantaranya dari kelima generasi tersebut yaitu seperti:

Generasi Pertama Tahun 1946 – 1959 Komputer Tabung Vakum

, Sejarah Asal Mula Komputer Dari Awal Generasi
Sejarah Perkembangan Komputer Tabung Vakum

Pada tahun 1946 komputer dengan menggunakan tabung vakum yang dijadikan komponen dasar telah diciptakan. Dengan menggunakan tabung vakum yang memiliki matrial yang tidak efisien karena bisa menghasilkan panas yang berlebih dan membutuhkan daya listrik yang besar untuk bisa bekerja. Electronic Numerical Integrator and Computer atau ENIAC merupakan salah satu contoh komputer pada generasi pertama yang dibuat oleh Mauchly dan Echert. ENIAC menggunakan 18.000 tabung vakum dengan ukuran 1.800 kaki persegi serta berat hingga 30 ton.

Generasi Kedua Tahun 1959 – 1965 Komputer Transistor

, Sejarah Asal Mula Komputer Dari Awal Generasi
Sejarah Perkembangan Komputer TRansistor

Melalui adanya perkembangan transistor memberikan peningkatan teknologi pada kala itu dengan menggantikan komputer tabung vakum. Dibandingkan dengan komputer tabung vakum, komputer transistor berukuran jauh lebih kecil dan juga bisa menghasilkan panas yang lebih sedikit. Karena hasil dari transistor ini mampu menciptakan sebuah komputer yang lebih cepat, lebih kecil, dan lebih murah dari generasi pertamanya. Selain itu, komputer transistor juga mengalami perkembangan untuk bahasa pemrograman.

Generasi Ketiga Tahun 1965 – 1971 Komputer Sirkuit Terintegrasi

, Sejarah Asal Mula Komputer Dari Awal Generasi
Sejarah Perkembangan Komputer Generasi ketiga

Untuk generasi ketiga, komputer tidak lagi menggunakan transistor melainkan menggunakan Integrated Circuit (ICs). IC dikembangkan oleh Jack Kilby yang merupakan seorang insinyur listrik. Jack mampu memberikan peningkatan yang signifikan untuk kecepatan dan efisiensi komputer, dan memiliki kapasitas ruang yang juga lebih kecil. Awal mula komputer mampu berinteraksi menggunakan keyboard dan monitor yaitu pada generasi ketiga.

Generasi Keempat Tahun 1971 – Sekarang Komputer Microprosesor

, Sejarah Asal Mula Komputer Dari Awal Generasi
Sejarah Perkembangan Komputer Generasi keempat

Nah, komputer yang saat ini Anda lihat merupakan komputer pada generasi keempat. Komputer pada generasi sekarang memiliki satu chip yang terdiri dari ribuan transistor dan elemen sirkuit lainnya yang bisa dihubungkan menjadi satu. Tentunya hal tersebut tidak lepas dari Intel yang merupakan perusahaan pembuatan chip yang menciptakan Intel 4004 chip.

Generasi Kelima Komputer Masa Depan

, Sejarah Asal Mula Komputer Dari Awal Generasi
Sejarah Perkembangan Komputer Generasi kelima

Di generasi kelima Anda akan menemukan komputer yang mengandalkan kecerdasan buatan. Tujuannya adalah diharapkan mampu menghasilkan komputer yang mampu merespon dengan input bahasa yang diucapkan manusia serta memiliki kemampuan untuk mempelajari lingkungan sekitar manusia.

Nah, lihatlah bahwa terdapat 5 generasi perkembangan komputer mulai dari memiliki bobot yang sangat berat hingga sampai saat ini jenis komputer masa depan yang lebih simple.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *