Sedekah Menjadikan sumber kemakmuran Hidup

Menjadikan Kemakmuran Hidup

Sedekah sumber kemakmuran, Lihatlah
Sedekah Menjadikan Sumber Kemakmuran Hidup


Sedekah sebagai sumber kemakmuran? Pertanyaan sebagai pernyataan cukup membuat hati ini terbesit sejenak, apa iya? Dari mana asal muasalnya sedekah sebagai sumber kemakmuran dalam kehidupan di Dunia?

Sedekah juga dipercaya golongan non Muslim

Apakah jalan pemikiran tersebut bersumber dari pemikiran orang-orang muslim? Atau non muslim atau sekalipun orang Atheis yang tidak percaya ada nya Allah.. Sebagai seorang Muslim baik mulai dari tingkat keimananya rendah sampai yang tertinggi, ini sangat meyakinkan hal ini, sedekah sebagai sumber kemakmuran hidup tentu sesuatu hal yang hampir tidak bisa di percaya di kalangan non Muslim.

Hadist Rasul tentang sedekah

Mari kita simak tentang hadist Rasulullah SAW bersabda, ”Belilah semua kesulitanmu dengan sedekah.” Dalam analisa saya tentang hadist tersebut bermakna,seseorang atau sekalipun kita sendiri, jika mengalami sesuatu kesulitan, maka penolongnya adalah dengan jalan bersedekah, lantas bagai mana jika kita dalam kesulitan ekonomi yang amat sangat akan bersedekah?

Apa yang akan di sedekahkan? Uang tiada, makan pun tunggu belas kasihan tetangga, mau berangkat kerja pun kadang kebinggungan tidak punya ongkos, kadang bolos kerja karena tidak punya ongkos, walaupun punya ongkos, kadang di kantor tidak bisa beli makan siang.mungkin ngutang di warung kalaupun kenal.

Lantas apa yang harus di sedekahkan sih? Sedekah tidak mengenal pada batas pemberian ke seseorang,sedekah tidak mengenal kata tidak punya.
Sedekah bisa bermacam-macam bentuk, ambil sesuatu contoh : dengan mendoakan yang baik ke sesama Muslimpun kita sudah masuk dalam katagori memberikan sedekah, jadi kalau kita lihat atau mendengar kerabat kita tertimpa musibah, maka doa lah untuknya agar dia lepas dari penderitaan.

Lantas apa hubungannya mendoakan kerabat atau tetangga kita yang tertimpa musibah terhadap diri kita sendiri yang juga lagi dalam kesulitan? Rasulullah Saw bersabda: مَا مِنْ عَبْدٍ دَعَا لِلْمُوْمِنِینَ وَ الْمُوْمِنَاتِ إِلَّا رَدَّ اللَّهُ عَلَیْهِ مِثْلَ الَّذِی دَعَا لَهُمْ مِنْ کُلِّ مُوْمِنٍ وَ مُوْمِنَةٍ مَضَی مِنْ أَوَّلِ الدَّهْرِ أَوْ هُوَ آتٍ إِلَی یَوْمِ الْقِیَامَة “ (Tidak ada seorang hamba yang berdoa untuk orang-orang Mukmin dan Mukminah melainkan Allah mengembalikan [mengabulkan] doa itu sebagaimana yang disampaikan,seperti setiap orang mukmin dan mukminah yang telah berdoa untuknya di masa lalu dan masa yang akan datang sampai Hari Kiamat.” (Bihar al-Anwar, jilid 90, hal 386) .

Lihatlah sudah jelas di sini hikmahnya, jika kita mendoakan orang lain yang tertimpa dalam musibah, entah doa itu diterima atau tidak,maka Janji Allah akan melepaskan kesulitan kita dahulu sebelum orang yang kita doakan terkabul atau tidak terkabul itu Urusan Allah.yang penting urusan kalian selesai, jadi intinya berdoa kepada orang muslim lainnya merupakan rangkaian dalam katagori sedekah

Dalam Tahap berikutnya sedekah sebagai sumber kemakmuran Hidup di Dunia

Dalam hadist lain, Rasulullah SAW menjelaskan, ”Setiap awal pagi, semasa terbit matahari, ada dua malaikat menyeru kepada manusia di bumi.Yang satu menyeru,‘Ya Tuhanku, karuniakanlah? Ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya kerena Allah’. Yang satu lagi menyeru,‘Musnahkanlah orang yang menahan hartanya’.”

Sebagai sesama blogger yang tentu juga umat Manusia, marilah kita jangan ragu rela mensedekahkan apa yang kita mampu walau sedikitpun, jangan terlalu fokus dengan kontes seo, cobalah dengan kontes sedekah yang kelak akan menjadikan sumber kemakmuran hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *