Lihatlah kisah Sejarah Pulau Jawa

Lihatlah kisah Sejarah Pulau Jawa Yang Belum Banyak Diketahui

lihatlah sejarah pulau Jawa
lihatlah sejarah pulau Jawa

Bahwa Indonesia sering disebut sebagai negara berkepulauan. Maksud dari kata tersebut adalah Indonesia membuktikan dengan banyaknya memiliki pulau-pulau yang dimilikinya. Meskipun Indonesia memiliki berbagai macam pulau yang juga tersebar di seluruh pelosok, namun yang lebih banyak diketahui adalah Indonesia memiliki lima pulau besar. Diantara kelima pulau terbesar di Indonesia yaitu seperti Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Jawa, dan juga Irian Jaya.

Pulau Jawa Berpenduduk terbesar di Indonesia

Apabila Anda ingin mengetahui bagaimana sejarah pulau Jawa maka lihatlah penjelasannya berikut ini. Dibandingkan dengan pulau-pulau lain yang ada di Indonesia, pulau Jawa merupakan pulau yang paling banyak penduduknya. Berbagai faktor yang menjadikan alasan mengapa pulau Jawa memiliki penduduk terbanyak se-Indonesia.

Program Transmigrasi Sejarah Pulau Jawa

Beberapa puluh tahun yang lalu pemerintah telah mengadakan program transmigrasi. Program ini bertujuan untuk meratakan jumlah penduduk di Indonesia. Sehingga, beberapa masyarakat yang tinggal menetap di pulau Jawa khususnya maka dipindahkan ke pulau-pulau yang lain seperti Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Irian, dan juga pulau kecil lainnya.

Sejarah pulau Jawa sebagai Pusat Pemerintahan

Saat ini yang menjadi alasan mendasar mengapa pulau Jawa memiliki kepadatan penduduk adalah ada kaitannya dengan letak ibu kota yang berada di Jakarta. Lihatlah banyak masyarakat yang mengadukan nasibnya di pulau Jawa sehingga masyarakat mengandalkan pulau Jawa sebagai tempat mencari penghasilan dan kehidupan.

Lihatlah Asal Usul Sejarah Pulau Jawa

Menurut sumber yang terpercaya mengatakan bahwa pulau Jawa diperkirakan telah terbentuk sekitar 60 juta tahun yang lalu di zaman pra-tersier. Lihatlah dahulu kala banyak sekali yang mengatakan bahwa pulau Jawa tergabung dengan benua besar yang bernama superbenua Pangea.

Bukti sejarah pulau Jawa dari susunan bebatuan

Sebagai bukti atau metode yang bisa digunakan saat ini untuk mengetahui umur salah satu pulau yaitu dengan melihat dari struktur batuan dasar yang terdapat di pulau tersebut. Nah, apabila melihat dari susunan dasar batuan yang ada di pulau Jawa maka diperkirakan memiliki umur yang berbeda-beda.

Lihatlah untuk pulau Jawa bagian Barat maka diperkirakan telah terbentuk sekitar 145 hingga 65 juta tahun yang lalu. Dan ternyata pulau Jawa merupakan bagian dari Sundaland Core atau biasa disebut sebagai paparan sunda.

Sejarah Pulau Jawa Purba 100 juta Tahun Lampau

Berbeda dengan keberadaan pulau Jawa bagian Timur diperkirakan bahwa dahulu kala adalah bagian dari benua Australia. Selain itu, bagian timur pulau Jawa disebut telah menabrak pulau Jawa bagian barat. Jika dikira-kira bahwa proses penabrakan tersebut diperkirakan telah terjadi 100 hingga 70 juta tahun yang lalu, sampai dengan proses penabrakan dari kedua bagian pulau tersebut terpisah menjadi pulau Jawa seperti saat ini.

Batasan Sejarah Pulau Jawa Masa Purba

Bisa ditarik kesimpulan bahwa untuk mengetahui sejarah pulau Jawabahwa di dalam pulau Jawa tersebut terbentuk dari dua lempeng bagian barat dan bagian timur. Dari kedua lempeng tersebut memiliki umur yang berbeda, lebih tua lempeng bagian barat. Untuk batas kedua lempeng berada di bawah sungai Luk Ulo yang berada di Kebumen, batasan tersebut menyeberangi laut Jawa sampai dengan memiliki batas akhir di Pegunungan Meratus.