Lihatlah Awal Mula Corona di Indonesia

Lihatlah Awal Mula Persebaran Corona di Indonesia

Seperti yang telah kita ketahui bahwa virus corona saat ini penyebarannya semakin mengkhawatirkan. Kabarnya, awal mula Corona sampai di Indonesia yaitu warga asal Depok terpapar virus Corona yang berasal dari Wuhan, China. Berdasarkan data terbaru pada tanggal 28 April 2020 pukul 12.00, pasien positif corona di Indonesia sudah mencapai 9.511. dari besarnya jumlah pasien positif corona, hanya 1.254 yang sembuh. Bahkan, jumlah kematian karena Corona di Indonesia mencapai 773. 

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai awal mula persebaran corona di Indonesia hingga informasi lengkap mengenai fakta penyebaran virus corona simak ulasannya berikut ini. 

Lihatlah Awal Mula Corona di Indonesia

Hari Senin, 02 Maret 2020 Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengumumkan bahwa warga negara indonesia ada yang terinfeksi Corona. Pasien pertama yang terpapar virus Corona ini berasal dari Depok, seorang perempuan yang sudah berusia 31 tahun. Sedangkan pasien kedua yang terpapar virus Corona yaitu ibu kandung dari pasien pertama yang berusia 64 tahun.

Penyebaran virus Corona di Indonesia berawal dari WNA yang berasal dari Jepang. Ia berkunjung ke Indonesia dan bertemu dengan pasien 1 di salah satu restoran Jakarta Selatan. Setelah pasien nomor satu terpapar virus Corona, kemudian menular ke ibu kandungnya sebagai pasien nomor 2. 

Pada tanggal 16 Februari 2020, kedua pasien mengalami batuk-batuk dan memutuskan untuk melakukan pemeriksaan ke salah satu rumah sakit yang ada di Depok. Tetapi kedua pasien tersebut hanya disarankan untuk melakukan rawat jalan. Namun, hingga 26 Februari 2020, kondisi kedua pasien tidak kunjung membaik. Sehingga diputuskan keduanya untuk melakukan rawat inap. Nah, bertepatan pada tanggal 28 Februari 2020, WNA yang berasal dari Jepang ternyata positif Corona saat kembali ke Indonesia. Setelah mendapatkan informasi tersebut, pemerintah Indonesia melakukan penelusuran mengenai aktivitas WNA tersebut untuk mengetahui siapa saja yang ditemuinya terkait dengan pasien nomor 1.

Lihatlah Perkembangan Awal Mula Corona di Indonesia

Kasus pasien 1 dan 2 telah terungkap, pemerintah Indonesia langsung melakukan penelusuran mengenai aktivitas yang pernah dilakukan kedua pasien tersebut. Parahnya lagi muncul dugaan virus Corona tersebut sudah menyebar di lokasi yang sama saat pertama kali pasien 1 melakukan kontak langsung dengan WNA asal Jepang di sebuah restoran yang berada di Jakarta Selatan, yang bertepatan pada tanggal 14 Februari 2020. Sehingga pemerintah melakukan pencarian orang-orang yang berada di lokasi tersebut dalam waktu yang sama.

Setelah melakukan penelusuran hasil yang didapatkan sekitar 80 pengunjung yang berada di tempat yang sama, dari total tersebut ada 7 pasien yang harus melakukan pemeriksaan lanjutan. Dari hasil pemeriksaan tersebut hasil yang keluar ada 3 orang lagi yang terinfeksi virus Corona. Setelahnya muncul lagi pasien positif Corona keenam seorang laki-laki berusia 36 tahun yang mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan, Jakarta Timur. 

Penularan Virus Corona

Dari berbagai berita yang ada, kini begitu maraknya penularan virus Corona di seluruh dunia sehingga tak heran jika banyak orang yang merasa khawatir dengan kondisi saat ini. Terkadang ada juga berita yang tidak benar dan pastinya berbeda dengan fakta yang sesungguhnya. Adapun berikut ini fakta seputar penularan virus Corona yang perlu diketahui:

  • Penularan virus Corona mungkin terjadi antara seseorang dengan penderita yang berkontak dalam jarak dekat sekitar 1,8 meter. 
  • Penularan virus Corona tidak terjadi melalui udara. Tetapi penularan tersebut melalui tetesan cairan tubuh penderita seperti air liur atau saat batuk dan bersin. 
  • Penularan virus Corona juga bisa terjadi melalui permukaan benda yang pernah disentuh oleh penderita positif.
  • Penularan juga bisa terjadi jika penderita bersin atau batuk dan tetesan airnya jatuh ke suatu benda mati. Setelahnya ada orang yang tidak sengaja menyentuh benda tersebut, sehingga kemungkinan orang tersebut tertular virus Corona. 
  • Saat gejala sedang parah parah nya pasien yang mengalami infeksi virus Corona akan lebih mudah menularkannya. 
  • Gejala ketika terinfeksi virus Corona kemungkinan ringan, terapi bisa menularkan virus tersebut kepada orang lain. 

Gejala Jika Tertular Virus Corona

Virus Corona mudah sekali tertular, karena gejala infeksi virus Corona tidak spesifik. Bahkan, ada juga penderita yang tidak memiliki  gejala sama sekali. Laporan yang diterima WHO, terdapat sekitar 55.000 kasus dengan tanda gejala yang paling umum dialami.

  • 80% demam
  • 70% batuk kering.
  • 40% merasa letih
  • 35% dahak di tenggorokan
  • 20% sesak napas.
  • 14% sakit tenggorokan
  • 14% sakit kepala
  • 15% Nyeri otot.
  • 11% menggigil kedinginan 
  • 5% mual, muntal, dan hidung tersumbat.
  • 4% diare
  • 1% batuk darah
  • 1% sakit mata

Gejala orang yang terinfeksi virus Corona akan terjadi 5-6 hari setelahnya. Pada awal terinfeksi mengalami gejala ringan. Tetapi ada juga penderita yang mengalami gejala serius. Nah, sebagai pencegahan uangi paling mudah untuk dilakukan yaitu cuci tangan serta tetap stay di rumah.

 

Page: 1 2 3

Lulu:

This website uses cookies.