Kelezatan Kuliner Nusantara yang Mendunia

Kelezatan Kuliner Nusantara yang Mendunia

Kuliner Nusantara

Rempah-rempah yang beragam menjadi satu hal yang membuat kuliner Indonesia kaya rasa. Kelezatan makanan khas nusantara bahkan sudah sangat terkenal hingga di berbagai negara. Beberapakuliner nusantara menduniamungkin bisa menjadi sesuatu yang patut dibanggakan. Warisan kuliner nusantara seperti makanan-makanan berikut berhasil membawa nama Indonesia di kancah internasional

Kuliner Khas Indonesia yang Mendunia

Negara Indonesia memiliki begitu banyak jenis makanan khas atau makanan tradisional. Beberapa makanan tersebut bahkan sudah diakui kelezatannya, bukan hanya orang lokal tetapi bagi orang-orang asing.
  1. Rendang
Rendang Padang
Rendang
Rendang adalah salah satu makanan khas dari Padang. Kuliner dari tanah Minangkabau tersebut merupakan olahan daging sapi yang dimasak menggunakan rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, jahe, cabe merah, laos, kemiri, kunyit, dan daun jeruk. Daging dimasak dengan semua rempah yang sudah dihaluskan ditambah santan kelapa selama 30 menit hingga 1 jam.
Selain kaya rempah, proses memasaknya yang cukup lama hingga benar-benar tanak membuat daging rendang sangat empuk dan bumbunya terasa hingga ke dalam. Tidak heran jikakuliner nusantara menduniayang satu ini bahkan disebut-sebut sebagai makanan paling lezat di dunia.
  1. Bakso
Bakso Nusantara
Bakso
Masyarakat tanah air mungkin sering mendengar bunyi mangkuk ditabuh dan orang yang teriak bakso berulang-ulang kali. Hal tersebut adalah keunikan dari cara menjual bakso yang merupakan makanan nusantara yang paling favorit bagi banyak masyarakat.
Olahan daging yang dibuat bulat dengan kuah kaldu yang lezat tersebut sering disajikan dengan saus dan sambal. Banyak orang menyantap bakso, baik di pinggir jalan maupun di restoran. Selain lezat, aroma bakso juga cukup khas karena adanya taburan bawang goreng dan irisan daun selederi.
  1. Sate

Kuliner Nusantara mendunia

Sate Nusantara
Sate
Lainnya adalah sate. Makanan ini umumnya dibuat dari daging ayam, kambing, bebek, atau sapi. Daging yang sudah dibersihkan dipotong kecil-kecil untuk kemudian ditusuk dengan tusukan bambu. Memasak sate adalah dengan dibakar di atas bara dan umumnya diolesi dengan bumbu kacang dan kecap.
Setelah matang, sate kemudian disajikan dengan disiram bumbu kacang dan tambahan sambal cabai untuk yang suka pedas. Sate khas Indonesia ini bahkan sudah dijual di luar negeri dan banyak disukai orang-orang di luar negeri tersebut. Seperti menu sate ayam yang dijual di Satay Junction di New York, Amerika Serikat.  
  1. Nasi goreng
Nasi goreng Nusantara
Nasi goreng
Beberapa orang asing khususnya Eropa dan Amerika sering menganggap nasi goreng sebagai makanan Singapura atau Malaysia karena di negara tersebut banyak yang menjual nasi goreng.
Padahal nasi goreng merupakan salah satukuliner nusantara menduniayang memiliki cita rasa khas. Rempah seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai membuat nasi goreng begitu lezat. Tidak hanya rasanya yang enak, nasi goreng juga banyak digemari karena harganya yang sangat terjangkau.
  1. Gado-gado
Gado-gado Nusantara
Gado-gado
Makanan ini sering disebut sebagai salad versi Indonesia. Gado-gado dikenal hingga ke luar negeri dengan rasa saus kacangnya yang lezat dan memiliki aroma rempah khas yaitu kencur. Makanan yang sangat sederhana ini juga menjadi makanan nusantara yang cukup sehat karena menggunakan banyak sayur untuk bahan utamanya.
Kuliner ini juga yang dibawa dalam festival makanan internasional dan berhasil mengharumkan nama Indonesia setelah berhasil menjadi juara.Kuliner nusantara menduniamemiliki banyak versi dan rasa di masing-masing daerah, namun yang tidak boleh ketinggalan adalah kerupuk yang menjadi pelengkap gado-gado.
  1. Gudeg
Gudeg
Gudeg
Gudeg merupakan salah satu makanan khas nusantara yang menjadi makanan tradisional masyarakat jogja dan Jawa Tengah. Terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan kelapa. Kebanyakan gudeg di Jawa Tengah adalah gudeg basah dengan kuah santan, tetapi untuk guded jogja umumnya adalah gudeng kering dengan tambahan lauk yang lebih banyak.
Kelezatan gudeng membuat,lihatlahdi Jogja yang banyak dikunjungi oleh wisatawan asing dari berbagai negara dan mereka banyak yang berburu gudeg saat menikmati kota budaya tersebut. Kini beberapa orang Indonesia bahkan berhasil membawakuliner nusantara menduniadengan membuka restoran di beberapa negara. Gudeg kini bisa ditemukan di luar negeri, tepatnya di kawasan Clayton Road, Melbourne, Australia.
  1. Nasi Padang
Nasi padang
Nasi Padang
Sempat viral sebuah video dari orang asing yang menyanyikan lagu dengan liriknya yang unik yaitu menyebut nasi padang. Lagu yang unik dari Audun asal Norwegia ini terinspirasi dari nasi padang yang pernah dia coba saat berada di Indonesia.
Bagi banyak turis atau orang asing yang datang ke Indonesia menganggap nasi padang cukup unik. Selain lezat, penataan tempat penjualannya juga membuat banyak orang tertarik. Rasa khas dari nasi padang bahkan membuatkuliner nusantara menduniayang satu ini berhasil masuk dalam daftar 50 makanan paling lezat di dunia oleh beberapa survei.
  1. Tempe
Tempe
Tempe
Tempe mungkin menjadi makanan sehari-hari yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarkat tanah air. Makanan sehat bernutrisi ini berbahan dasar kacang kedelai yang diberi ragi atau jamur tempe. Tempe bisa diolah dengan cara digoreng atau dibuat oreg tempe untuk lauk makan bersama nasi.
Sementara olahan tempe goreng adalah yang paling disukai, termasuk oleh orang asing. Makanan ini semakin mendunia setelah ada streetfood di London yang membuka Warung Tempeh. Antusias masyarakat di sana terhadap makanan Indonesia ini cukup bagus dan banyak orang sangat menggemari rasa tempe.  
Itulah beberapakuliner nusantara menduniadengan rasanya yang khas dan banyak digemari oleh banyak orang. Selain kuliner khas, mi instan asal Indonesia juga berhasil mendunia dan sudah banyak ditemukan di Afrika dan wilayah Timur Tengah.z35W7z4v9z8w

Tags: