Cara Mengatasi Sakit Mata

Cara mengatasi sakit mata lihatlah penyebabnya secara berbeda

Mata Pegal? Kenali Gejala dan Cara Mengatasi Sakit Mata

Cara mengatasi sakit mata seperti Mata pegal atau mata lelah merupakan suatu kondisi dimana mata Anda terasa sakit secara terus-menerus. Otot-otot mata yang terus dipaksa untuk bekerja khususnya saat melihat objek-objek dekat akan terasa tegang dan pegal. Umumnya, penyebab mata lelah yaitu akibat penggunaan yang intens seperti saat mengendarai mobil atau berada di depan komputer dalam kurun waktu yang cukup lama. 

Gejala dan Cara Mengatasi Sakit Mata Pegal

Gejala dan cara mengatasi sakit mata seperti mata lelah umumnya akan muncul saat mata dipaksa untuk melihat bekerja keras dalam jangka waktu yang cukup lama. Saat itu kondisi otot mata sudah lelah sehingga menyebabkan mata menjadi sakit dan tidak nyaman. Gejala mata lelah sendiri dapat terbagi menjadi tiga yaitu gejala visual, okuler, dan refferal. Gejala visual ditandai dengan penglihatan rangkap,  gejala okular ditandai dengan adanya nyeri pada kedua mata, sementara gejala referral ditandai dengan mual dan sakit kepala.

Selain ketiga gejala tersebut, lihatlah terdapat beberapa gejala lain yang menandakan bahwa mata Anda sudah butuh istirahat. Gejala lain yang menandakan bahwa mata Anda sudah lelah yaitu nyeri atau mata berdenyut, pandangan mata terlihat kabur, serta sulit untuk memfokuskan pandangan. Tak hanya itu, mata perih, mata berair, dan mata merah juga menjadi salah satu gejala mata sudah lelah.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan cara mengatasi sakit mata lelah. Anda dapat memeriksakan kesehatan mata secara rutin dan berkala. Selain itu, gunakan pencahayaan yang tepat pada komputer dengan mengupgrade jenis layar yang ada di komputer. Anda juga dapat mengambil waktu istirahat sejenak atau sering-seringlah berkedip saat berada di depan komputer.

Cara mengatasi sakit mata lelah biasanya dapat dilakukan dengan mengompres dengan handuk dan air hangat pada bagian mata yang lelah. Gunakan pula pembersih udara agar dapat memfilter debu yang masuk dan meningkatkan kelembaban udara. Selain itu, Anda juga menggunakan obat tetes mata untuk mencegah dan mengobati mata Anda yang terasa kering. Beragam obat tetes mata yang sangat direkomendasikan yaitu Rohto, Insto Dry Eyes. Obat tetes mata ini sudah dipercaya oleh masyarakat Indonesia hingga beberapa tahun.

Langkah Tepat untuk Cegah Sakit Mata Sepet

Mata merupakan organ vital manusia sebagai indera penglihat. Mata juga bisa mengalami masalah, terutama jika mata tidak mendapatkan istirahat cukup. Jika mata tidak beristirahat cukup, maka Anda bisa merasa tidak nyaman seperti mata yang terasa sepet, gatal, dan kering. Beberapa cara yang bisa dilakukan agar mata tetap sehat dan tidak merasa sepet atau kering antara lain adalah sebagai berikut. 

Mencegah Mata Sepet dengan Benar

  1. Tidak menatap layar komputer terlalu lama

Banyak masyarakat yang mengalami gangguan mata ringan akibat terlalu lama berada di depan layar komputer atau layar Android. Untuk mencegah mata terasa sepet dan kering, sebaiknya beri jeda atau istirahat setidaknya satu menit setiap satu jam Anda melihat layar komputer. 

  1. Tidak terlalu lama menggunakan lensa kontak

Penggunaan lensa kontak yang terlalu lama juga bisa menyebabkan gangguan pada mata. Jangan lupa untuk segera melepas kontak lensa segera setelah Anda sampai di rumah. Lakukan hal tersebut untuk memberikan waktu istirahat bagi mata agar tidak kering atau sepet.

  1. Memijat mata

Beberapa ahli kesehatan menyarankan untuk melakukan pijat ringan pada mata yang terasa lelah. Caranya adalah menggosokkan kedua telapak tangan dan kemudian ditempelkan pada mata selama beberapa menit. Setelah itu, gunakan ibu jari untuk memijat bagian alis. Pijatan ringan tersebut dapat membantu membuat mata lebih rileks.

  1. Meningkatkan asupan omega-3

Nutrisi yang satu ini terbukti dapat membantu mengurangi peradangan di bagian mata. Beberapa orang yang mengalami radang di bagian mata akan merasakan sepet karena mata yang kering. Mengkonsumsi ikan atau menggunakan suplemen omega-3 bisa menjadi pencegahan agar mata lebih sehat.

  1. Menggunakan tetes mata

Salah satu cara yang paling mudah agar mata kembali nyaman adalah menggunakan air mata buatan atau tetes mata. Gunakan obat tetes saat mata Anda terasa mulai sepet dan kering. Cukup dengan memberi 1-2 tetes pada mata kering, tetes mata ini akan memberikan efek pelumas sehingga kembali nyaman.

Itulah beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mencegah mata sepet dan kering. 

Gejala Mata Lelah dan Cara Mengatasinya

Sekarang ini banyak masyarakat yang mengalami gangguan mata karena kebiasaan menatap layar gadget terlalu lama. Organ mata sendiri terdiri dari tiga sel otot yang memiliki fungsi berbeda. Apabila aktivitas yang dilakukan memaksa otot-otot dalam mata tersebut, hal tersebut dapat membuat mata lelah. Beberapa gejala yang biasa muncul adalah sebagai berikut.

Gejala dan Cara Mengatasi Mata Lelah

  1. Gejala mata lelah

Gejala yang muncul biasanya terasa setelah beberapa jam bekerja. Saat otot mata sudah terlalu letih, mata biasanya akan terasa tidak nyaman dan sakit. Gejalanya seperti mata berdenyut, mata perih, mata berair, mata merah, pandangan mengabur, dan lain sebagainya. Gejala mata lelah tersebut juga bisa menimbulkan gangguan fisik lain seperti sakit kepala dan sensitif terhadap cahaya terang.

  1. Penyebab mata lelah

Ada banyak faktor yang bisa membuat mata lelah, faktor usia, kelainan refraksi, dan karena faktor lingkungan. Faktor lingkungan seperti intensitas cahaya, objek kerja yang kecil, dan lain-lain. Aktivitas yang paling sering menjadi penyebab mata lelah adalah melihat layar gadget dalam waktu yang terlalu lama. Jika hal tersebut dilakukan terus menerus tanpa memberi waktu istirahat untuk mata, mata Anda akan merasakan gejala-gejala mata lelah. 

  1. Mengatasi mata lelah

Pencegahan dapat dilakukan agar tidak mengalami gejala mata lelah. Cara yang bisa dilakukan adalah mengatur pencahayaan yang tepat di tempat kerja, mengatur ruang kerja agar nyaman, mengatur kecerahan layar gadget yang sesuai, dan sering berkedip ketika harus berada di depan komputer. Apabila Anda mengalami gejala mata lelah, cara mengatasinya adalah dengan membiarkan mata beristirahat. Jika perlu, gunakan kompres untuk mata agar lebih rileks. Selain itu gunakan tetes mata untuk menyegarkan mata kering dan lelah.Rohto atau Insto Dry Eyes, produk tetes mata nomor 1 di Indonesia yang efektif untuk mengatasi mata lelah, mata kering, dan mata sepet. Memiliki efek seperti pelumas dan berfungsi sebagai air mata buatan untuk mata kembali segar. 

4.Mengatasi Penyebab Mata Perih

Hampir semua orang pernah mengalami masalah mata perih. Mata yang terasa tidak nyaman dan tentunya bisa mengganggu aktivitas. Ada beberapa hal yang bisa memicu mata terasa perih. Berikut adalah beberapa penyebab mata perih yang paling umum.

Penyebab Mata Perih

  1. Paparan sinar matahari

Apabila terkena paparan sinar matahari secara berlebih, Anda bisa mengalami masalah mata perih. Fotokeratitis atau mata perih seperti terbakar yang disebabkan paparan sinar matahari. Kondisi tersebut akan membuat mata menjadi lebih peka terhadap cahaya yang terlalu terang. Selain itu, bisa juga membuat mata berair. Gejala dari masalah mata ringan ini biasanya akan hilang dalam satu atau dua hari.

  1. Alergi

Konjungtivitis atau alergi pada mata juga menjadi salah satu penyebab mata perih. Alergi dapat muncul saat ada zat asing yang tidak sengaja masuk ke mata. Tubuh akan secara otomatis merespon dengan memproduksi histamin. Zat yang muncul karena reaksi tersebut membuat mata menjadi merah, gatal, dan terasa perih.

  1. Radang 

Radang pada kelopak mata atau blepharitis adalah salah satu penyakit yang memicu efek mata perih. Infeksi bakteri dan juga masalah kelenjar minyak di kelopak mata dapat membuat mata terasa perih. Selain perih, efek yang muncul lainnya adalah mata merah dan mata bengkak.

  1. Mata kering

Permukaan bola mata diselimuti air mata yang berfungsi sebagai pelumas. Apabila saluran air mata tersebut tidak memproduksi cairan yang cukup, mata akan terasa perih. Air mata berguna untuk menjaga kelopak mata agar tetap lembab. Untuk menghindari mata perih, Anda bisa mengedipkan mata secara cukup agar mata tidak kering. Jika perlu, Anda dapat menggunakan air mata palsu dengan tetes mata apapun. Tetes mata ini memiliki berbagai manfaat seperti mengatasi kemerahan, mengembalikan kesegaran mata, memberikan efek pelumas, dan untuk air mata buatan. Penggunaan tetes mata yang direkomendasikan yaitu 1-2 tetes. 

Itulah beberapa penyebab mata perih dan tidak nyaman. Jangan lupa untuk melindungi mata dari debu, asap, polusi, dan berbagai hal yang dapat membuat iritasi pada mata.

Makan banyak buah dan sayuran

Wortel sarat akan beta karoten yang sangat membantu dalam menjaga kesehatan mata. Itu dikarenakan beta karoten merupakan antioksidan yang dapat mengurangi risiko degenerasi makula.

Hindari pemakaian lensa kontak melebihi 19 jam

Hal ini dapat menyebabkan kerusakan mata permanen serta ketidaknyamanan pada mata Anda. Jangan pula memakai kacamata terlalu lama.

Kurangi penggunaan tetes mata

Mengurangi pemakaian obat tetes mata. Menggunakan tetes mata untuk mengatasi mata merah boleh saja, namun hanya sesekali. Jika berlebihan, itu malah akan merusak kesehatan mata Anda.

Gunakan mentimun

Gunakan mentimun untuk mengompres kelopak mata Anda. Taruh irisan mentimun yang dingin dan lembut di atas kelopak mata selama 10 menit sebelum tidur di malam hari untuk mencegah bengkak.

Pakailah kacamata hitam pelindung UV

Gunakan lensa yang terpolarisasi, bukan hanya sekedar lensa yang gelap. Kacamata hitam pelindung UV diperlukan untuk melawan paparan dari sinar matahari.

Hindari duduk terlalu lama di depan komputer

Untuk menjaga kesehatan mata, cobalah untuk tidak menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar komputer. Hal itu dapat membuat mata lelah.

Jangan membaca dalam cahaya redup

Untuk menjaga kesehatan mata, hindari membaca dalam cahaya lampu yang redup yang bisa menyebabkan ketegangan mata. Jika mata terasa lelah, berhenti untuk sementara waktu dan beristirahat.

Melatih mata dan membuatnya untuk bersantai

Cobalah memfokuskan mata pada suatu obyek yang dekat dengan Anda, sebuah objek yang agak jauh. Ulangi proses ini beberapa kali.

Duduklah, tempatkan siku di pinggul, tutup mata dan tutup mata dengan telapak tangan Anda. Jauhkan telapak tangan yang menutupi mata Anda selama 10 detik. Buka mata Anda dan ulangi seperlunya.

Jaga jarak pandang

Jaga jarak pandang ketika sedang berada di layar komputer maupun TV. Jarak pandang yang ideal sekitar 50-100 cm. Seperti juga halnya ketika sedang membaca buku. Jarak yang ideal ketika membaca buku sekitar 30 cm. Hal ini dimaksudkan agar dapat terhindar dari miopi atau rabun dekat.

Hindari kebiasaan mengucek mata

Jangan sering mengucek mata ketika mata terasa gatal. Ketika tangan Anda kotor sehabis memegang suatu benda dapat menginfeksi organ mata yang dapat berakibat sangat buruk untuk kesehatan mata.

Pakai pelindung mata

Cobalah untuk memakai pelindung mata dalam berbagai kegiatan aktivitas seperti saat berkendara, olahraga, dan sebagainya. Banyak kacamata yang dirancang khusus untuk olahraga untuk menghindari terjadinya cedera mata dan terhindar dari debu.

Berhenti merokok

Bagi orang perokok, usahakan agar menghentikan kebiasaan merokok mulai sekarang. Ini dikarenakan, dapat berpotensi mengalami sejumlah penyakit mata seperti katarak dan kerusakan saraf optik pada mata.

Kedipkan Mata

 Usahakan mengedipkan mata dengan intensitas agak ditambah, pada saat fokus melihat sesuatu terlalu lama seperti komputer ataupun laptop.

Jangan Sambil Tiduran

Usahakan tidak membaca buku atau teks apapun dalam kondisi sambil tiduran. Ini juga dapat membuat kesehatan mata terganggu seperti dapat terkena miopi.

Konsumsi sayuran

Ketajaman penglihatan menghilang bisa disebabkan karena kekurangan asupan makanan, terutama sayuran hijau dan berwarna, sayuran hijau yang meliputi bayam, kangkung dan lainnya, serta sayuran berwarna terang, seperti wortel dan lainnya. Mengkonsumsi sayuran yang tinggi akan kandungan vitamin C akan membantu meningkatkan visi Anda sehingga mata tidak menjadi lebih rusak bahkan lebih baiknya, jika mata Anda menjadi lebih sehat.

Konsumsi vitamin

Merawat mata agar menjadi lebih sehat bisa dengan meningkatkan asupan vitamin, lihatlah ada beberapa jenis vitamin yang sengaja dibuat khusus untuk menjaga kesehatan mata. Pastikan jika vitamin tersebut mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E dan vitamin B2, juga mengandung mineral zinc dan selenium. Semuanya baik untuk merawat dan membuat mata menjadi lebih sehat. Konsumsi suplemen vitamin ini secara teratur, jika bisa jangan melewatkannya satu hari saja.

Minum teh

Kabarnya dengan minum teh, Anda akan terhindar dari katarak. Teh memiliki kandungan alami, antioksidan, serat yang baik dan berbagai bahan alami lainnya yang nyatanya juga baik untuk mata. Konsumsi teh hangat sebagai pengganti minuman bersoda atau minuman beralkohol yang mana tidak baik untuk kesehatan mata Anda.

Itulah beberapa informasi terkait gejala, penyebab, dan cara mengatasi mata lelah. Jika sudah merasakan gejala  mata lelah, sebaiknya lakukan istirahat dan penangan cara mengatasi sakit mata.

Leoarjuna:

This website uses cookies.