Bangkitnya Semangat UKM Indonesia Melalui Online Dengan Website Builder Terbaik

Bangkitnya Semangat UKM Indonesia

Bangkitnya semangat UKM Indonesia menjadi tolok ukur majunya perekonomian Indonesia, terlebih Negara Indonesia sudah menjadi Negara maju dalam taraf ekonomi dan kesejahteraan rakyatnya. Namun tidak serta merta semua penduduk makmur dengan menerima penghasilan yang merata.

Masih terdapat ketimpangan yang harus diselesaikan oleh tugas Pemerintahan Indonesia melalui sumber-sumber yang bisa diolah untuk mendorong bangkitnya semangat UKM Indonesia.

Gerakan UKM Indonesia 

Gerakan Pemerintah Indonesia dengan mendorong bangkitnya semangat UKM Indonesiaperlu ditindak lanjuti  dengan bijaksana, walaupun kondisi perekonomian yang lagi menurun akibat Pandemi Covid-19 yang cukup mengganggu bisnis UKM. Agar perputaran roda ekonomi rakyat yang harus berputar, pemerintah terus menciptakan berbagai langkah untuk menstabilkan perekonomian negara melalui UKM, serta mendorong suasana gerakan UKM di Indonesia menjadi lebih giat dengan semangat 45 sebagai simbol bangkitnya semangat UKM Indonesia. 

Pengertian UKM dan Kriterianya

Istilah Usaha Kecil Menengah merujuk pada suatu usaha dengan aset dan omset sebagai tolak ukur pengelompokkan, sama seperti Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), UKM sendiri terdiri dari unit usaha kecil dan usaha menengah. 

Jenis UMKM yang menjadi landasan UKM Indonesia

Bangkitnya Semangat UKM Indonesia, Lihatlah
Semangat UKM membangkitkan perekonomian Indonesia

Perkembangan UKM di suatu negara berbeda-beda karena dipengaruhi oleh berbagai faktor termasuk faktor sosial masyarakatnya. Di Indonesia, UKM dikelompokkan menjadi empat berdasarkan perkembangannya, yaitu sebagai berikut.

  1. Pedagang kaki lima.
  2. Pengrajin.
  3. Small Dynamic Enterprise (menerima pekerjaan ekspor maupun subkontrak).
  4. Fast Moving Enterprise (memiliki jiwa kewirausahaan).

Dari ke 4 jenis kelompok tersebut, biasa dilakukan secara konvensional, dan saat inilah waktunya bangkit untuk go online dalam kelompok tersebut, agar UKM Indonesia lebih profesional dan bangkit dari sistem tradisional ke era digital. Untuk merubah hal ini untuk menuju bangkitnya semangat UKM Indonesia melalui online website harus didukung sebuah website builder terbaik, beberapa hal yang diperlukan untuk mengembangkan UKM konvensional ke UKM online melalui website.

Website Builder Terbaik mempermudah UKM Secara Online

Bangkitnya Semangat UKM Indonesia, Bangkitnya Semangat  UKM Indonesia Melalui Online Dengan Website Builder Terbaik, Lihatlah
Peran Hosting UMKM mempermudah UKM melalui online

Sebagai jenis usaha yang sangat penting dalam menggerakkan bangkitnya semangat UKM Indonesia,pemerintah terus mendorong perkembangan dan pertumbuhan UKM di Indonesia. Salah satunya adalah mempersiapkan pelaku UKM untuk memanfaatkan teknologi dalam pemasaran. 

Selain UKM, pemerintah juga terus mendorong bangkitnya semangat UKM Indonesia melalui usaha startup agar semakin berkembang di Indonesia. Target minimal pengembangan UKM dan startup pemerintah Indonesia adalah 2% untuk UKM dan 1000 untuk startup. Imbasnya, ada banyak orang yang salah pengertian dan menganggap UKM sama saja dengan startup. Persamaan UKM dengan startup adalah dari segi modal awal. Selain itu, UKM dan startup juga sama-sama merupakan usaha rintisan, yaitu usaha yang berasal dari ide brilian seseorang dalam memanfaatkan peluang usaha untuk mendorong bangkitkan semangat UKM Indonesia.

Walau memiliki beberapa kesamaan, bukan berarti UKM dan startup dapat disamakan. Ini karena keduanya memiliki perbedaan yang amat mendasar, yaitu dari segi jenis usaha. Jika diperhatikan dengan saksama, UKM adalah usaha yang menghasilkan produk-produk yang kemudian dapat dikonsumsi atau dinikmati oleh konsumen. 

Sebaliknya, usaha startup tidak menghasilkan produk karena fokusnya ada pada pelayanan atau jasa dalam bentuk software atau aplikasi, cloud based service/hosting atau digital marketing agency.

Selain perbedaan dari jenis usahanya, UKM dan startup juga memiliki nuansa lain, yaitu dari segi ketergantungan usaha terhadap internet. Sebelumnya, sudah dijelaskan bahwa usaha startup adalah yang berkaitan dengan aplikasi, software, hosting atau cloud based service. Artinya, usaha startup sangat mengandalkan koneksi internet. 

Sebaliknya, UKM tidak terlalu mengandalkan internet seperti halnya startup karena biasanya, peran internet dalam UKM hanya tampak proses pemasaran saja. Disinilah usaha kita mengadopsi UKM berkolaborasi menggunakan website agar proses bangkitnya semangat UKM Indonesia melalui bantuan startup dapat tercapai demi memudahkan pemasaran usaha mereka.

Bisnis UKM melalui online Website

Bangkitnya Semangat UKM Indonesia, Lihatlah
Hosting UKM era digital Masterweb

Saat krisis moneter melumpuhkan perekonomian Indonesia di tahun 1998, era bangkitnya semangat UKM Indonesia membuktikan eksistensi dan kemampuannya dalam beradaptasi, menopang perekonomian Indonesia agar tetap berjalan. Bahkan hebatnya sampai saat ini, UKM tetap dijadikan sebagai tulang punggung perekonomian karena sifatnya yang lebih dinamis dalam menghadapi perubahan dibanding perusahaan besar. 

Menurut World Bank, bangkitnya semangat UKM Indonesia menjadi sumber pendapatan Nasional yang sangat bergantung pada sektor UMKM, di mana UKM Indonesia sebagian besar usahanya  terkonsentrasi di sektor perdagangan, pangan, tekstil dan garmen, olahan pangan, produksi mineral non-logam, kayu dan produk kayu. Secara keseluruhan, sektor UKM ini dapat menyumbang sekitar 50% produk domestik bruto (PDB) yang sebagian besar berada di sektor pertanian dan perdagangan, serta 10% dari ekspor. Ini adalah motivasi untuk bangkitnya semangat UKM Indonesia dalam skala dunia.

Selain menyumbang pendapatan, UMKM juga memiliki peranan besar dalam menggerakkan bangkitnya semangat UKM Indonesia untuk perekonomian warga, karena memberikan kesempatan kerja. Sayangnya, aktivitas UKM menjadi berkurang karena pandemi covid-19. 

Bangkitkan Semangat UKM Indonesia Saat Pandemi

Pandemi covid-19 yang dimulai akhir tahun 2019 lalu mempengaruhi aktivitas perekonomian dunia termasuk Indonesia, Pembatasan interaksi sosial yang berujung pada penutupan sementara tempat usaha tak hanya membuat interaksi antar-manusia berkurang, tetapi juga membuat omset bisnis UKM menurun drastis, serta dampak dekadensi mulai terjadi di berbagai wilayah.

Agar sukses mendorong bangkitnya semangat UKM Indonesia saat pandemi terjadi, hilangkan penghalang yang mencegah manusia saling berinteraksi dalam aktivitas ekonomi, halangan tersebut dapat diatasi dengan memanfaatkan teknologi. Dengan kata lain, para pelaku UKM dapat melanjutkan aktivitas pemasaran secara online.

Cara Membangkitkan UKM Indonesia secara online

Bangkitnya Semangat UKM Indonesia, Bangkitnya Semangat  UKM Indonesia Melalui Online Dengan Website Builder Terbaik, Lihatlah
  1. Media sosial :Merupakan salah satu media promosi yang tepat di era digital seperti sekarang, mengingat pengguna media sosial yang semakin banyak seiring dengan semakin berkembangnya internet dan teknologi. Mempromosikan produk UKM melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan media sosial lainnya dapat menjadi langkah awal bangkitnya semangat UKM Indonesia untuk menghadapi krisis ekonomi di masa pandemi dan mendongkrak penjualan. 
  2. Iklan Online : Selain memanfaatkan media sosial sebagai sarana mengoptimalkan bangkitnya semangat UKM Indonesia melalui online, pelaku UKM juga dapat memanfaatkan iklan online untuk mempromosikan produknya agar semakin dikenal. Untuk meningkatkan efektivitas iklan yang dipasang, pelaku UKM dapat memasang iklan online di portal-portal maupun website yang telah dikenal dan memiliki banyak pengunjung. Namun, pelaku usaha juga perlu mempertimbangkan biaya yang harus dikeluarkan untuk memasang iklan tersebut.
  3. Marketplace : Marketplace atau toko online merupakan salah satu sisi positif dari perkembangan internet dan teknologi. Seperti namanya, toko online merupakan toko virtual yang tidak ada wujudnya. Dengan kata lain, di dalam toko online hanya ada kumpulan data dari barang-barang yang dijual. Bagi pelaku usaha seperti UKM, hal ini tentu sangat menguntungkan. Adanya pandemi yang membatasi pergerakan setiap orang justru mendorong bangkitnya semangat UKM Indonesia melalui transaksi online ini. Oleh karena itu, para pelaku UKM harus go online atau memasarkan produknya secara online melalui marketplace.
  4. Website : Walau marketplace dapat menjadi tempat yang tepat untuk menambah jumlah konsumen, masih ada tempat lain yang dapat dijadikan sebagai tempat promosi, yaitu website. Anda dapat menggunakan hosting MasterWeb sebagai Website Builder Terbaik untuk membuat UKM Anda lebih berbobot dan tentunya mempunyai nilai lebih di mata konsumen Anda.

Ada banyak keuntungan yang ditawarkan hosting UMKM MasterWeb untuk mendorong program bangkitnya semangat UKM Indonesia kepada para pelaku usaha, yaitu sebagai berikut.

  • Lebih fleksibel dibanding marketplace Mempromosikan produk UKM di website jauh lebih fleksibel dibanding berjualan di marketplace. Ini karena pelaku usaha berhak mengatur isi website sesuai dengan keinginan, mulai dari memasang deskripsi produk yang lebih rinci, menentukan metode pembayaran, cara transaksi hingga mengelola katalog produk. Pelaku usaha juga dapat mengganti produk dengan lebih leluasa dan mempromosikannya di berbagai media sosial yang dimiliki. Selain itu, produk hosting khusus UMKM yang ditawarkan oleh MasterWeb juga lebih mudah diakses, dan pelaku usaha dapat terhubung dengan konsumen melalui fitur chat online. 
  • Kredibilitas meningkat Mempromosikan produk UKM di marketplace memang dapat dilakukan. Namun, berbeda dengan menggunakan website, website justru terkesan lebih khusus dengan memiliki brands tersendiri untuk mempromosikan produk Anda dengan menggunakan nama domain.

Beli Domain dan hosting UKM membangun Bisnis go online

Bangkitnya Semangat UKM Indonesia, Lihatlah

Entrepreneur UMKM sangat cocok untuk memilih  MasterWeb untuk beli domain dan hosting, karena dengan menggunakan domain yang Anda beli, nama produk Anda lebih bonafit di mata konsumen.

Bangkitnya Semangat UKM Indonesia, Bangkitnya Semangat  UKM Indonesia Melalui Online Dengan Website Builder Terbaik, Lihatlah

Memiliki website dengan hosting khusus UMKM di MasterWeb guna mempromosikan produk, berarti pelaku usaha tersebut memiliki karakteristik dan kredibilitas usaha yang tinggi  dan membangun suasana bangkitnya semangat UKM Indonesia.

Para pelaku usaha yang memiliki website, dianggap lebih profesional dalam mengelola data produknya, sehingga konsumen akan mudah menemukan produk Anda secara terperinci dengan deskripsi masing-masing produk yang ditawarkan, konsumen menjadi konfiden dan tertarik untuk melakukan transaksi produk Anda melalui website, bahkan menciptakan korelasi sebagai pelanggan.

Apa Saja Kelebihan UKM Menggunakan Website?

Bangkitnya Semangat UKM Indonesia, Lihatlah
Pertama Keuntungan Meningkat

Mempunyai bisnis melalui website jauh lebih mudah untuk memasarkan produk kita daripada konvensional, hal ini lebih luas jangkauanya karena banyak dilihat orang kapanpun dan dimanapun, terlebih website tersebut di optimasi seperti google adwords dalam search engine manapun, sehingga kata kunci produk Anda akan lebih mudah ditemukan, dan banyak pengunjung yang akan menuju halaman produk an

da, serta peluang transaksi yang menyebabkan keuntungan dalam bisnis anda.

Hemat Waktu dan Biaya

Inilah kelebihannya bisnis menggunakan website dari pada konvensional

WebsiteKonvesional
✔Tidak memerlukan toko/ruko❌Wajib memiliki Toko/Ruko
✔Mempunyai descripsi produk per item?Harus Menjelaskan secara lisan per item
?Hanya Menyewa hosting serta Domain?Menyewa Ruko atau toko
?Terjaga 24 jam?Sebatas jam kerja
?‍♂️Bisa ditinggal berpergian?Wajib di tunggu
✂️Pelanggan Menghemat biaya dan waktu?Pelanggan Datang ke toko, berdampak Biaya restribusi dan perjalanan

Keuntungan meningkat bisnis UKM melalui sebuah blog atau website

Bangkitnya Semangat UKM Indonesia, Lihatlah
Keuntungan UKM meningkat melalui online

Apa yang menyebabkan Bisnis UKM bisa lebih untung dari konvensional? Sehingga dapat mendorong bangkitnya semangat UKM Indonesia, mari kita simak perbandingan ini biar Anda tidak penasaran dan gagal paham.

  1. Bisnis UKM melalui website tidak perlu membuka toko fisik, sedangkan Konvensional wajib adanya toko/ruko. Poin ini jelas, membuka atau menyewa toko/ruko jauh lebih mahal biayanya.
  2. Bisnis UKM melalui website tidak perlu menjaga full website nya, anda hanya menunggu push email atau notifikasi apapun dari website, Anda bisa melakukan kegiatan lainnya, sedangkan secara konvensional, Anda wajib menjaga tokonya tanpa bisa ditinggal sedikitpun, kecuali mempunyai karyawan yang cukup.
  3. Bisnis UKM melalui website tidak perlu membutuhkan karyawan yang banyak, sedangkan konvensional berat jika tidak ada karyawan untuk membackup pekerjaan lainnya.
  4. Bisnis UKM melalui website dapat di jangkau ke seluruh penjuru dunia, karena sifat website bisa diakses ke semua negara, hal ini makin terbuka lebar orang melihat produk Anda, kesempatan transaksi akan terbuka lebar, sedangkan bisnis UKM konvensional hanyalah bersifat lokal, pelanggan datangnya dari mulut ke mulut, jadi jauh untuk berkembangnya.
  5. Pelanggan pada bisnis website senantiasa tidak perlu mengunjungi toko secara fisik, hal ini memanjakan pelanggan dengan menghemat waktu dan finansial, sedangkan konvensional? (Anda kira-kira sendiri).
  6. Pelanggan akan lebih percaya usaha Anda, karena bisnis Anda mempunyai nama brands sebagai tolok ukur kemapanan usaha Anda, sedangkan konvensional tingkat kemapanan untuk menaikan pamor brandsnya agak lama, karena dari mulut ke mulut seperti layaknya zaman kuno.

Nah, hanya 6 poin saja yang saya jelaskan kelebihan membuķa bisnis UKM melalui website, apakah Anda masih ragu membuka bisnis UKM melalui website? Ayo, mulai sekarang kita berpikir secara realita saja, terlebih saat pandemi COVID-19 banyak pengunjung toko fisik sudah beralih secara online karena pembatas fisik, jadi, tinggal tunggu apa lagi? Apa barang-barang dagangan Anda berubah menjadi pajangan? Sayang kan kalau sudah begitu. Tidak ada kata telat dan terlanjur untuk memulai sistem baru dalam bisnis online Anda, sekaligus memicu bangkitnya semangat UKM Indonesiamelalui online, Anda boleh diam-diam saja membuka bisnis Anda melalui online website untuk menyaingi rival kanan kiri Anda yang masih tradisional.

Kesimpulan

Bangkitnya Semangat UKM Indonesia, Lihatlah
UKM Tradisional VS Go Online

Dengan membuka bisnis UKM melalui online website, jelas jauh lebih efisien dalam segi apapun daripada UKM secara konvensional, serta meningkatkan performa usaha Anda, sehingga keuntungan lebih besar bisa diraih dengan cepat, dan ini akan menambah semangat UKM-UKM Indonesia lainnya untuk bangkit dari hal yang tradisional menuju strata yang lebih tinggi dengan memiliki brand tersendiri, bersama hosting UMKMMasterweb, Anda bisa melakukan hal ini untuk berinovasi dan motivasi Anda dengan menggugah bangkitnya semangat UKM Indonesia.