Bahaya makanan tinggi protein sebelum tidur

Bahaya makanan tinggi protein sebelum tidur

, Lihatlah
bahaya makan tinggi protein sebelum tidur

Konsumsi buah-buahan sangat berguna untuk tubuh kaya dengan seratnya serta vitamin kebutuhan tubuh sehari-hari. Amankah jika dikonsumsi nya ketika mau berangkat tidur?

Sering dibahas masalah makan sebelum tidur, dan rumor sebelum tidur sering melakukan makan dahulu sering dikatakan mengganggu kenyenyakan tidur serta mengganggu fungsi dari sistem pencernaan, sebagian lain berpendapat dengan makan buah tertentu seperti buah naga akan membantu membuat tidur lebih nyenyak.

Sanggahan

Menurut Dr Ashutos Gautan manager Clinical Operations dari Baypifyanath, berpendapat melalui ulasannya “setidaknya tiga jam adalah saat yang baik mengkonsumsi makanan sebelum berangkat tidur. Beberapa ahli kesehatan menyarankan tidak memakan apapun termasuk buah ataupun snack sebelum tidur.

, Lihatlah
makanan buah tinggi protein

Mengkonsumsi makanan lain dan buah-buahan tidak lah di waktu bersamaan, berilah jeda diantara keduanya, karena berbeda fungsi pada sistem pencernaan antara fungsi makanan dan fungsi buah

Apa yang membuatnya beda fungsi?

  1. Makanan lebih kaya dengan protein serta serat, ini membutuhkan waktu yang lama untuk dicernanya dalam mengolah makanan yang lebih padat menggunakan cairan asam pada lambung sebagai penghancur makanan yang lebih keras.
  2. Mencerna buah-buahan dalam tubuh jauh lebih cepat dibanding makanan, karena buah-buahan hanya terdorong dari perut dan pertama langsung ke usus paling awal, serta proses ini sudah hancur duluan sebelum memasuki lambung.


Analisa makan tinggi protein sebelum tidur

  1. Saat makan buah sebelum tidur dapat melepas banyak kadar gula, mengakibatkan lonjakan energi yang seharusnya digunakan untuk banyak aktifitas yang berat.
  2. Jika dalam posisi sedang diet, atau lapar, dapat mengkonsumsinya buah-buahan atau makanan dengan kadar gula yang lebih rendah, fungsinya untuk menghindari perubahan sistem makanan dalam tubuh akan dicerna dengan sempurna, tidak merubah status makanan menjadi makanan tidak sehat.

Menggabungkan kedua makanan

Terbukti sangat beresiko dengan menggabungkan kedua jenis makanan, terlebih penderita diabetes akan meningkatkan gula darah, hal ini karena saat makan makanan berserat seperti nasi bersamaan makan buah atau snack tinggi protein akan menghambat proses gula dari buah-buahan ke usus halus, inilah penyebab bahayanya makan buah tinggi protein dibarengi dengan makanan biasa berserat tinggi, jadi pembauran antara protein dan serat menyebabkan kenaikan gula darah.

Saran makan buah-buahan

, Lihatlah
saran makan buah-buahan

Usahakan makan buah-buahan yang segar kaya dengan kadar mineral, antioksidan, flavonoid dan vitamin. Dan hindari makan buah-buahan sebelum tidur, agar mengurangi resiko penyakit terutama diabetes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *