Aneka Cara tentang Komputer

Aneka Cara Tentang Komputer

Cara membuka partisi yang tersembunyi di windows 7

Bila kita melakukan install ulang bersih untuk windows 7 atau menginstall pada harddisk baru yang perlu diketahui bahwa windows 7 akan membuat sebuah partisi berukuran 100 MB yang terlindungi sebelum menginstall windows 7 pada harddisk baru.

Partisi pada bot komputer anda

Partisi ini berisi file boot dan file2 pemulihan dilingkungan windows 7 dan tidak memungkinkan untuk menghapus partisi ini, karena akan merusak boot windows dan windows tidak akan booting jadinya. Secara default, windows 7 menyembunyikan partisi ini di windows explorer, untuk mengetahui apakah ada sistem partisi yang terlindungi ini di komputerwindows 7 kita, ketik “diskmgmt.msc” di kotak pencarian atau RUN dan tekan tombol Enter. jendela Disk management akan terbuka.

Disini kita dapat melihat apakah ada partisi ini di windows 7 kita? Download terlebih dahulu tool Open Hidden System Drive, program kecil dan portabel ini tersedia untuk versi 32bit dan 64bit, pastikan anda mengunduh sesuai dengan versi windows 7 anda. Klik 2x pada file Open Hidden System Drive.exe untuk membuka sistem partisi tersembunyi yang dilindungi di windows 7 explorer, pertama drive ini akan tampak kosong, dikarenakan drive ini berisi file2 system yang secara default memang tersembunyi (hidden).

Untuk melihat file ini kita perlu untuk sementara waktu menonaktifkan opsi “hide protected operating system files” Caranya : Buka windows explorer, klik Tools dan kemudian Folder Options Klik tab View, dan kemudian kita akan melihat opsi “Hide protected operating system files (recommended)” Hilangkan tanda centangan dikotaknya, kemudian klik tombol Yes pada jendela peringatan yg nongol, klik tombol “Apply“ Semua file yang tersembunyi seharusnya akan terlihat.

Cara ini berlaku hanya untuk edisi windows 7 Professional, Enterprise dan Ultimate. Untuk download aplikasi Tool Open Hidden System Drive silahkan kunjungi halaman website www.coderforlife.com/projects/win7boot/extras/

Cara Memindahkan Hardisk ke komputer Lain

Bagi teman2 sesama lulusan dari info bimtek pusdiklat pemendagri jurusan materi komputer Rakitantentunya sering menjumpai mainboard (mobo) yang rusak, dan terkadang harus menggantinya dengan mabo yang baru bukan? Biasanya setelah kita mengganti mabo dengan yang baru, windows xp nya terkadang malah tidak bekerja (muncul layar biru), ini dikarenakan perbedaan chipset pada mobo lama dengan yang baru.

Cara memindahkannya

Berikut ini ada sedikit cara terbaik untuk memindahkan harddisk ke komputer lain yang berbeda chipsetnya, dan juga bisa digunakan untuk banyak komputer yang berbeda jenis, juga bisa juga digunakan untuk cloning ke pc manapun.

Sebelum memindahkan harddisknya ke komputer lain pastikan di device manager IDE ATA/ATAPI Controller : Standard Dual Channel PCI IDE Controller. System Devices : PCI bus. PCI standard host CPU bridge. PCI standard ISA bridge. Klik kanan My computer kemudian pilih Properties, atau buka control panel lalu pilih System.

Kemudian klik tab Hardware lalu Device Manager Kemudian pastikan pada “IDE ATA/ATAPI Controller” set drivernya menjadi “Standard Dual Channel PCI IDE Controller”. dan pada “System Devices” pastikan menggunakan “PCI bus”, “PCI standard host CPU bridge” dan “PCI standard ISA bridge” Shutdown/matikan komputernya dan hardisk nya siap untuk dipindah/kloning ke komputer lain. Jadi hasil akhir dari Device Manager system properties akan seperti gambar dibawah ini:

Cara Mengatasi Windows Yang Nyangkut/Hank

Pernahkan anda menemui masalah seperti ini, pada saat loading windows setelah kita memasukkan kata sandi dan muncul layar desktop dan kemudian kita tidak bisa membuka program, kadang harus menunggu beberapa menit dan windows nya lancar seperti biasa, aneh bukan?. Sempat bingung juga ketemu masalah ini.

Saran

Semakin hari terasa waktu nyangkut/hang nya semakin lama, hanya pada saat pertama kali menghidupkan komputernya, kalau dibiarkan bisa sampai 5 menit baru bisa kita menggunakan komputernya, sempat juga konsultasi ke teman sesama teknisi komputer, saran nya disuruh periksa device manager, barangkali ada driver yang tidak cocok ataupun belum diinstall katanya, sempat dibuat bingung juga, dan juga sudah berkali kali saya menginstall ulang windows untuk mengatasi masalah “sepele” ini.

Solusi

Setelah mencari solusi dan googling sana sini, akhirnya masalah dapat juga diatasi, tanpa perlu install ulang tentunya, yah kalo install ulang kan bikin repot, apalagi komputernya dipakai untuk usaha, repot dah. nah kebetulan komputer ini saya gunakan untuk usaha printing kecil2an, setiap harinya mungkin ada puluhan USB flashdisk silih berganti di colokin ke komputer ini.

Bayangin selama sebulan brp jenis usb flashdisk yg dicolokin?. nah ternyata windows menyimpan history di registrynya, ini yang membuat masalah kalo sudah banyak jenis usb yg di catat oleh windows?, masalah muncul pas loading pertama kali, yaitu : nyangkut/hang beberapa menit.

Registry

Untuk mengatasi masalah “sepele” saya gunakan program kecil yang bernama USB Oblivion, program kecil ini sangat membantu saya mengatasi masalah windows saya yang nyangkut/hang pas waktu pertama kali dihidupkan. cukup download dan jalankan programnya. centang kotak “Di real clean”, dan apabila ingin menyimpan registry sebelum nya silahkan centang juga kotak “Save backup .reg file”, kemudian jalankan programnya.

Desktop

Setelah selesai, silahkan dicoba restart komputernya, komputer akan normal kembali, tidak ada jeda waktu habis kita memasukkan password dan muncul desktop, kita bisa bisa langsung membuka program seperti biasa. Download Aplikasi USB Oblivion di : https://www.sourceforge.net/projects/usboblivion/

]]>

1 tanggapan pada “Aneka Cara tentang Komputer

  • Ping-balik: Cara Terbaik Membuat Password | Cara Kini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *