Mulai go online Indikasi Bangkitnya Semangat UKM Indonesia

Bangkitnya Semangat UKM Indonesia

Bangkitnya semangat UKM Indonesia menjadi pemicu bisnis secara online, usaha kecil dan menengah atau UKM mengacu pada jenis usaha kecil yang berdiri sendiri dengan total kekayaan bersih maksimal 200 juta rupiah, tidak termasuk tanah serta bangunan tempat usaha. UKM memegang peranan yang besar dalam mempertahankan perekonomian negara. Oleh karena itu, seiring dengan berkembangnya zaman, semangat UKM Indonesia harus bangkit dan terbuka terhadap perubahan dengan mulai go online.  

Alasan UKM Harus Mulai Go Online

Pentingnya semangat ukm Indonesia go online

Ada beberapa alasan mengapa dengan mendorong bangkitnya semangat UKM Indonesia harus mulai go online, yaitu sebagai berikut.

  1. Menjangkau pasar yang lebih luas

Bukan rahasia lagi kalau internet dapat mempermudah manusia untuk menjangkau area yang lebih luas sehingga akan membantu bangkitnya para pelaku UMKM  Indonesia  untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Mulai go online Mengindikasikan Bangkitnya semangat UKM Indonesia dengan mengubah sistem pemasaran dari yang awalnya sepenuhnya offline menjadi dikombinasikan atau bahkan beralih sepenuhnya ke sistem pemasaran online yang menggunakan internet. Dengan cara ini, bangkitnya semangat UKM Indonesia sangat diharapkan. 

  1. Mengurangi resiko kehilangan market

Sejak awal kemunculannya, internet menawarkan berbagai kemudahan, salah satunya adalah belanja dari rumah secara online. Dengan semakin banyaknya platform belanja online yang bermunculan, para pelaku UKM  yang enggan untuk mulai  go online akan memiliki risiko kehilangan market yang lebih besar. Hal ini dapat terjadi karena customer mulai merasa nyaman dengan sistem belanja online yang begitu memudahkan sehingga enggan untuk belanja secara langsung atau offline. Karena itulah UKM Indonesia harus bangkit dan bersemangat untuk mulai melakukan go online agar mampu bersaing dan bertahan. 

  1. Pertumbuhan pengguna internet yang masif 

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah pengguna internet di Indonesia semakin meningkat setiap tahun. Peningkatan yang sudah signifikan ini semakin menjadi setelah proyek Palapa Ring dicetuskan yang memungkinkan internet mampu dijangkau lebih banyak kota di daerah perbatasan. Karena hal inilah pelaku UKM yang ingin bisnisnya tetap relevan harus mulai memikirkan tentang go online

  1. Lebih Profesional

Bangkitnya semangat UKM Indonesia yang Mulai go online, selain dapat membantu pelaku UKM Indonesia untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan juga menunjukkan bahwa usaha tersebut telah memasuki ranah industri modern dan harus menghadapi babak persaingan yang baru. Pelanggan online biasanya akan melihat website dan akun media official sebelum berbelanja online. Ini karena mereka berpikir kalau profesionalitas usaha dapat dilihat dari akun media sosial dan website

  1. Biaya operasional dapat ditekan

Selain dapat memperluas jangkauan pasar dan menarik lebih banyak pelanggan, go online juga memiliki kelebihan yang dapat memicu bangkitnya semangat UKM Indonesia, yaitu dapat mengurangi biaya operasional untuk pemasaran, sewa kios, serta workshop yang dibutuhkan UKM pada umumnya. Hal ini memungkinkan karena dengan mulai go online, UKM tidak perlu lagi menyewa kios di tempat strategis. Tanpa memiliki toko fisik untuk memajang produk, modal yang dibutuhkan oleh pelaku UKM akan lebih hemat. Cukup dengan membuat website, tentunya website builder terbaik yang mumpuni, pelaku UKM sudah dapat memajang produk-produk agar dapat dilihat oleh calon konsumen dan melakukan transaksi pembelian.  

  1. Budget pemasaran dapat diatur

Kelebihan lain dari bisnis online adalah budget untuk pemasaran yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan. Dibandingkan proses pemasaran offline, biaya atau budget yang dibutuhkan dalam pemasaran online justru lebih transparan serta akuntabel. Selain itu, tenaga yang dibutuhkan untuk melakukan pemasaran juga lebih sedikit, tidak seperti metode pemasaran offline yang membutuhkan banyak waktu dan tenaga. 

Dengan mulai go online, pelaku UKM Indonesia dapat memperkenalkan bisnis dengan memanfaatkan platform email marketing untuk mengirimkan pesan ke ribuan orang sekaligus hanya dengan beberapa klik. Untuk melihat efektivitas kampanye yang dilakukan, pelaku UKM dapat memanfaatkan fitur analytics yang mampu merekam respons dari calon pelanggan.

  1. Pertumbuhan bisnis lebih cepat

Mulai go online penyerta bangkitnya semangat UKM Indonesia dapat membuat pertumbuhan suatu bisnis lebih cepat. Hal ini dapat terjadi karena penyebaran informasi yang begitu cepat dan lebih luas sehingga orang yang melihat produk-produk yang ditawarkan suatu UKM pun akan lebih banyak serta lebih beragam. Dengan begitu, potensi penjualan pun akan meningkat. Jika setiap pelaku UKM memahami tentang hal ini, tentu akan semakin meningkat, membuat semakin banyak UKM yang mulai go online

Kendala Bangkitnya semangat UKM Indonesia saat mulai go online

Rendahnya pelaku UKM terhadap teknologi

Dengan ketujuh alasan yang telah disebutkan di atas, UKM memang harus bangkit lebih semangat mau untuk mulai go online agar dapat bersaing dengan jenis usaha lain dalam ranah bisnis modern. Sayangnya, ada beberapa hal yang menjadi hambatan dan kurangnya semangat bagi para pelaku UKM untuk bisa mulai go online, yaitu sebagai berikut.

  1. Rendahnya pemahaman atas teknologi

Salah satu kendala yang menghambat proses bangkitnya semangat UKM Indonesia adalah rendahnya pemahaman atas teknologi. Ini karena sebagian besar pelaku UKM berasal dari generasi lama yang tidak memahami tentang teknologi pemasaran secara online. Padahal, pemahaman atas teknologi ini sangat penting bagi UKM Indonesia, mengingat proses pemasarannya pun mengandalkan teknologi. Meski begitu, hal ini masih dapat diatasi dengan menggandeng generasi milenial yang lebih paham tentang teknologi. Dengan begitu, pelaku UKM Indonesia harus lebih bersemangat untuk belajar tentang teknologi terkini, sementara generasi milenial juga dapat belajar dari kolaborasi tersebut dan mendapatkan pengalaman nyata

  1. Akses internet yang terbatas

Akses internet yang terbatas juga menjadi salah satu kendala bagi UKM Indonesia. Pasalnya, bisnis online sangat tergantung pada jaringan internet sehingga dibutuhkan jaringan yang stabil. Umumnya, jaringan internet yang stabil ini hanya dapat dinikmati di kawasan perkotaan, sementara jaringan di daerah kurang baik. Padahal, sebagian besar pelaku UKM tersebar di daerah

Terkait kendala ini, pemerintah memiliki tugas untuk mencari solusi agar masalah ini dapat segera teratasi. Jika kendala ini dapat diatasi, bangkitnya semangat UKM  Indonesia akan dapat didorong. 

  1. Keamanan transaksi

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan bisnis online adalah proses transaksi. Di Indonesia, masih banyak konsumen yang merasa khawatir dengan keamanan transaksi saat berbelanja online. Hal ini wajar karena penipuan marak terjadi saat bisnis online pertama kali dikenal di Indonesia. Karena hal inilah, keamanan transaksi menjadi salah satu kendala bangkitnya semangat UKM Indonesia untuk mulai go online di mana pelaku UKM yang belum bisa menjamin keamanan transaksi kemungkinan akan butuh lebih banyak waktu untuk menarik pelanggan.

  1. Modal yang terbatas

Meski telah disebutkan bahwa modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis online lebih sedikit dibanding bisnis offline, tetap saja pelaku UMKM membutuhkan modal untuk mulai go online. Modal yang dibutuhkan di antaranya gawai yang memadai serta akses internet yang lancar dan stabil. Sayangnya, sebagian besar pelaku UKM Indonesia merupakan pengusaha kecil yang terbatas dari segi modal dan keahlian tenaga kerja. Akibatnya proses bangkitnya semangat UKM Indonesia   untuk mulai go online pun menjadi sulit dilakukan. 

Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah memiliki tugas untuk menyediakan infrastruktur atau akses digital, akses pembiayaan, pelatihan, pendampingan, inkubator, serta sistem informasi digital UMKM serta mendorong bangkitnya semangat UKM Indonesia

Rahasia Sukses UKM Mulai Go Online

Rahasia Sukses UKM yang mulai go online
  1. Ubah Mindset

Untuk mendorong bangkitnya semangat UKM Indonesia, hal pertama yang harus dipikirkan sebelum  UKM Mulai go online bukanlah pendanaan, wawasan, maupun infrastruktur, tetapi mindset. Ini karena sebagian besar pelaku UKM di Indonesia masih menggunakan mindset konvensional, di mana mereka melakukan bisnis hanya untuk mencukupi kebutuhan hari ini tanpa memikirkan kelanjutan bisnis mereka dalam jangka panjang. Kebanyakan pelaku UKM Indonesia membangun bisnis dari apa yang dapat dilakukan, bukan berdasarkan market demand. Padahal, mindset pengusaha seharusnya mengarah ke market demand atau permintaan pasar terlebih dahulu. Dengan kata lain, melihat apa yang sedang trend di pasar. Mindset dapat mempengaruhi strategi serta perilaku dalam berbisnis sehingga perlu diprioritaskan. Jika mindset pelaku UKM dapat diubah, bangkitnya semangat UKM  Indonesia yang mulai go online pun dapat segera dirasakan manfaatnya.

  1. Asah wawasan pemasaran online

Meski mindset adalah prioritas utama, pelaku UKM tetap semangat dan wajib mengasah wawasan tentang pemasaran online. Hal ini sangat penting karena wawasan inilah cikal bakal bangkitnya semangat UKM Indonesia yang akan membantu pelaku UKM untuk mengelola bisnis online dengan baik. 

Menurut Jacob Win, Ketua Pusat Bisnis dan Kewirausahaan Universitas Kanjuruhan Malang (UNIKAMA), ada tiga hal yang wajib dipahami pelaku UKM agar sukses secara online, yaitu marketing, product development, serta strategi dan manajerial. Dengan memiliki ketiga wawasan tersebut, pelaku UKM akan memahami tentang cara mengembangkan produk, cara memasarkan, serta cara mengelola bisnis online dalam jangka panjang.  

Wawasan tersebut dapat diperoleh baik melalui platform berbayar, maupun platform gratis. Selain itu, untuk mendorong bangkitnya semangat UKM Indonesia agar mulai go online juga disarankan untuk mencari mentor yang dapat membimbing mereka dalam mengembangkan bisnis. Dengan begitu, pemilik UKM akan semakin siap dan bangkit dalam menghadapi transformasi digital yang tentunya akan berdampak pada bangkitnya semangat UKM  Indonesia

  1. Bangun jaringan bisnis yang solid

Pelaku UKM membutuhkan jaringan bisnis yang solid karena mereka tidak dapat bekerja sendiri. Oleh karena itu, setiap pelaku UKM yang mulai go online harus membangun jaringan bisnis mereka sendiri agar usahanya lancar. Jika jaringan bisnis yang dimiliki luas, wawasan industri pun akan semakin kaya dan peluang untuk berkolaborasi juga akan muncul. Selain itu, membangun jaringan bisnis dapat meningkatkan kesadaran digital bagi pelaku UKM yang belum terlalu familiar dengan teknologi.  

  1. Siapkan website yang mumpuni
Website Builder Terbaik Masterweb dan hosting UMKM adalah sarana pemasaran yang cukup handal

Hal terakhir yang harus disiapkan oleh pelaku UKM agar sukses dalam bangkitnya semangat UKM Indonesia menuju go online adalah website yang menjadi media pemasaran sekaligus penjualan. Untuk membuat website kini semakin mudah dengan memanfaatkan hosting UMKM yang disediakan oleh MasterWeb, dan nama domain sesuai keinginan Anda, jika ingin lebih simpel lagi, Anda bisa beli domain dan hosting dalam sepaket pada hosting MasterWeb yang cukup terjangkau dalam segi harga. Calon konsumen biasanya masih mengunjungi website sekalipun mereka sudah menggunakan perangkat mobile. Karena hal inilah peran website menjadi sangat penting, tidak hanya sebagai alat pemasaran dan penjualan saja, tetapi juga dapat memberikan manfaat lain seperti alat branding, membantu dalam ekspansi pasar, serta menambah kepercayaan diri atau motivasi bagi tim internal, serta proses bangkitnya semangat UKM Indonesia untuk mulai go online akan menjadi kenyataan. 

Kesimpulan

Agar berhasil dalam proses bangkitnya semangat UKM Indonesia, para pelaku UMKM diberi wawasan yang luas akan pentingnya untuk mulai go online yang jelas lebih unggul dari konvensional, dan mendorong pelaku UKM tradisional bermigrasi ke strata yang lebih tinggi dan memiliki keuntungan yang lebih luas dan peluang menggapai keuntungan otomatis akan menjadi besar. Mari kita berdayakan para pelaku UMKM agar mulai go online dengan slogan bangkitnya semangat UKM Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *