Alpukat

Ragam Snack Sehat Penangguh Lapar

Snack Sehat Penangguh Lapar

Snack sehat penangguh lapar Di sela waktu makan, seringkali kita sudah merasa lapar. Jika menyantap makanan berat, pasti hal ini akan mengacaukan jadwal makan tiga kali sehari. Pilihan yang tepat ialah mengonsumsi makanan ringan alias snack. Namun, tidak sedikit snack yang justru banyak mengandung bumbu-bumbu tambahan dan berpotensi membahayakan kesehatan.

Penting bagi kita dalam memilih makanan ringan sehat ketika merasa lapar di jam nanggung. Ada banyak ragam jenis snack sehat yang dapat dipilih untuk dikonsumsi pada sela-sela waktu makan. Sebut saja mulai dari buah, oatmeal, keripik sehat hingga aneka cemilan sehat lainnya. Berikut adalah penjelasannya satu per satu.

Pilihan Snack sehat penangguh lapar di Jam Nanggung


1. AlpukatAlpukat

Buah berwarna hijau ini adalah sumber lemak baik. Lemak dalam buah alpukat tidak seperti lemak yang biasa kita temukan dalam makanan lain. Lemak baik ini sangat bagus serta dibutuhkan tubuh. Alpukat bisa dimakan dengan salad maupun dimakan secara langsung. Dalam satu buah alpukat ukuran kecil telah mengandung 220 kalori, 9 gram serat, vitamin C, vitamin B6 serta potasium. Alpukat dapat dikonsumsi langsung, dibuat jus atau smoothie, maupun dilumat bersama susu kental manis. Rasanya akan semakin nikmat apabila diolah menjadi makanan atau minuman lain. Tidak jarang juga orang yang menambahkan alpukat dalam saladnya.

2. AlmondsAlmonds

Sumber protein terbaik datang dari golongan kacang-kacangan. Almond seringkali jadi salah satu jenis kacang yang direkomendasikan sebagai snack, terutama kita yang takut gendut. Konsumsi kacang ini akan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Di dalamnya terkandung serat tinggi, lemak sehat serta protein. Almond adalah makanan yang cocok bagi mereka yang hendak menurunkan berat badan.

3. OatmelOatmeal

Oatmeal atau yang lebih dikenal sebagai sereal gandum ialah pilihan terbaik dalam mengisi perut yang kosong. Oatmeal juga dapat dikreasikan bersama beragam bahan makanan lain. Kandungan dalam oatmeal di antaranya ialah protein, serat, vitamin dan mineral. Kombinasikan bersama susu, buah atau yogurt agar rasanya semakin lezat.

4. Banana Nut ToastBanana Nut Toast

Oleskan ½ sdt selai kacang dan ½ sdt selai almond pada roti tawar, lalu tambah ¼ potong pisang serta 1 sdt kenari cincang. Tambahkan madu dan taburan kayu manis jika suka. Camilan ini terkenal kaya akan serat serta protein.

5. Keripik ApelKeripik Apel

Iris tipis apel lalu taburi bumbu apple pie di atasnya. Panggang dalam oven dengan suhu rendah. Hasilnya adalah keripik apel lezat dan bergizi yang dapat kita konsumsi sebagai pengganti keripik goreng berbahan umbi-umbian. Ini tentu adalah pilihan snack sehat yang tepat dikonsumsi di sela waktu makan.

6. Telur rebus dan ApelTelur dan Apel

Telur rebus serta apel hijau ialah kombinasi snack sehat yang lezat dan tepat dalam menghilangkan rasa lapar. Kedua makanan ini juga dapat menstimulasi semua indera sehingga termasuk dalam snack sehat yang cocok dikonsumsi. Sertakan dua jenis makanan ini ke dalam menu snack sehari-hari agar kesehatan terjaga.

7. Buncis Panggang Pedas ManisBuncis Panggang Pedas Manis

Buncis tidak hanya dapat diolah menjadi tumisan, namun juga camilan sehat dan enak. Kandungan serat serta proteinnya sangat tinggi, sehingga cocok menjadi snack sehat. Panggang buncis dengan tambahan bumbu pedas manis agar kandungan gizinya terjaga. Jangan goreng makanan termasuk buncis karena cenderung tidak sehat.

8. Ubi Jalar PanggangUbi Jalar Panggang

Ubi jalar ialah pilihan snack sehat dan enak. Ubi jalar panggang bisa dibelah lalu diisi yogurt. Bisa pula tambahkan furikake, bumbu khas dari Jepang yang dicampur wijen panggang serta nori. Snack ini memiliki kandungan serat, protein serta karbohidrat. Selain itu, ubi jalar panggang juga dapat mengenyangkan.

9. Avocado ToastAvocado Toast

Alpukat di atas roti panggang lalu ditambah taburan paprika merah serta garam juga termasuk dalam snack sehat. Avocado toast ialah salah satu olahan buah alpukat yang bisa dipilih apabila kita bosan mengonsumsi buah alpukat dengan cara begitu-begitu saja. Lemak sehat yang terkandung dalam alpukat serta karbohidrat dalam roti akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

10. Blueberry Coconut Balls

Cemilan ini dibuat dari buah blueberry liar yang terlebih dahulu dibekukan. Kandungan antioksidan di dalamnya sangat tinggi. Apabila langsung dimakan, maka rasanya segar dan dingin. Sementara apabila kita biarkan beberapa saat, maka rasanya akan meleleh dalam mulut. Selain menyehatkan, snack sehat ini tentu sangat lezat.

11. Semangka

Buah satu ini terkenal kaya akan kandungan air. Buah ini rendah kalori serta dapat menambah cairan tubuh. Di samping itu, manfaat lainnya adalah mengembalikan glikogen dalam otot yang hilang. Semangka juga bisa mengatasi masalah perut kembung, sama halnya seperti pisang. Buah ini mudah didapat dan memiliki rasa manis.

12. Kembang Kol Goreng

Kembang kol tidak hanya enak dibuat salad atau tumisan sayur, namun juga dapat digoreng kering sehingga tampilannya menyerupai kentang goreng. Rasanya tidak aneh namun justru benar-benar enak. Kini, kembang kol goreng bahkan sudah sering dijadikan menu sampingan saat memesan makanan berat seperti ayam goreng. Snack sehat ini sangat mudah dibuat dan tentunya sehat.

13. Yogurt

Tidak perlu bingung mencari snack sehat, karena salah satunya dapat ditemukan dengan mudah. Snack itu adalah yogurt, produk olahan susu yang terkenal dengan rasa asam. Untuk mendapat manfaat yogurt secara maksimal, pilih Greek Yogurt tanpa rasa atau plain yogurt. Kebaikan susu akan bisa didapatkan juga dalam yogurt. Snack ini tinggi kalsium sehingga sangat bagus bagi kesehatan tulang.

Itulah 13 macam ragam snack sehat penangguh lapar yang semua bahan-bahannya banyak terdapat di Indonesia.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *