Jakarta Melakukan PSBB kembali

Jakarta Melakukan PSBB kembali tahap 2, Gubernur DKI Jakarta Melakukan PSBB kembalikembali melarang kantor beroperasi mulai Senin besok 14 September, kecuali 11 bidang yang vital dan  esensial. 

Selama penerapan PSBB total kembali di DKI Jakarta, memerintahkan penghentian sementara aktivitas pekerja di tempat kerja/kantor, dan wajib mengganti aktivitas bekerja di tempat kerja dengan bekerja di rumah/tempat tinggal atau (WFH).

Jakarta Melakukan PSBB kembali dengan Sosial

PSBB total diterapkan kembali oleh Gubernur DKI
PSBB total diterapkan kembali oleh Gubernur DKI

Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap kedua yang akan dimulai 14 September 2020 menjadi salah satu metode pemerintah memutuskan dan menekan  mata rantai virus corona atau covid-19. Dengan dikeluarkan kebijakan tersebut, kegiatan masyarakat di luar rumah akan dijaga ketat oleh petugas sesuai protokol kesehatan.

Bersamaan dengan  itu, PEMPROV DKI  juga berencana menutup taman kota hingga mal dan pusat perbelanjaan kecuali pasar swalayan yang menjual SEMBAKO. Kegiatan belajar di sekolahan ditiadakan dan  tetap berlangsung dari rumah seperti yang sudah berjalan selama ini yakni belajar dirumah saja.

Mengenai penerapan kebijakan apa saja yang boleh dilakukan selama Jakarta Melakukan PSBB kembali tengah disusun secara bertahap. Saat ini, Pemprov DKI tengah berkonsentrasi pada kebijakan makro. Namun, belum dijelaskan kebijakan apa saja yang akan diterapkan dalam keputusannya.

Gubernur DKI Anies Baswedan menyikapi soal kenaikan angka pemakaman dengan protokol tetap (protap) COVID-19. Jika ditinjau dalam grafik, angka popular pemakaman dengan protap virus corona sempat memiliki grafik menurun. Namun, pada Pertengahan September, skala grafik kembali melonjak, untuk inilah alasan Gubernur DKI Anies Baswedan menerapkan pelaksanaan Jakarta Melakukan PSBB kembali dengan merujuk kenaikan tingkat penularan yang dirasakan dalam tahap mengkhawatirkan di Indonesia khususnya DKI Jakarta.

Kegiatan Agama Selama Penerapan PSBB

Kegiatan agama selama PSBB
Kegiatan agama selama PSBB

Dalam kebijakan Kegiatan ke agama an saat PSBB DKI Jakarta berlangsung kali ini, pemberlakuan tempat ibadah akan melalui penyesuaian. Tempat ibadah dilakukan secara terbatas untuk warga lokal dengan menerapkan protokol yang sangat ketat. “Artinya, tempat ibadah raya, yang jamaahnya dari luar lokasi, seperti Masjid Raya, belum boleh buka. 

Pergerakan orang dan barang menggunakan moda transportasi

“Persoalan bagaimana mengatur pergerakan orang berikut kendaraannya keluar-masuk Jakarta? Seyogyanya dengan teori meminimalisir dengan membatasi pada pergerakan keluar-masuk Jakarta. Tapi diluar lapangan ini sulit ditegakkan hanya oleh Jakarta saja,” harus ada afek pendukung dari kota-kota penyangga DKI Jakarta.

Beberapa poin aturan yang wajib ditaati selama Penerapan PSBB kembali.

  1. Diantaranya mengenakan masker saat keluar rumah.
  2. Pengguna motor dilarang membawa penumpang jika tempat tinggalnya berbeda.
  3. Posisi duduk di dalam mobil juga dibatasi.

Peniadaan Ganjil Genap

Ganjil genap ditiadaka saat PSBB Jakarta Berlangsung
Ganjil genap ditiadaka saat PSBB Jakarta Berlangsung

Pemberlakuan pembatasan kendaraan pribadi untuk sementara tidak akan diberlakukan saat Jakarta Mnetapkan PSBB total di DKI Jakarta mulai diterapkan, sama hal nya seperti PSBB terdahulu.

Kegiatan Sosial

Selama Melakukan PSBB total pada tahap ke 2, akan menerapkan penghentian sementara atas kegiatan sosial dan budaya yang mengundang kerumunan orang. Termasuk pula kegiatan yang berhubungan dengan mengumpulkan atau pertemuan: politik, demonstrasi, olahraga, hajatan, hiburan, akademik, dan budaya. 

Akibat Jakarta Melakukan PSBB kembali

Dokter Tirta menyebut kondisi Jakarta saat di bulan September ini masuk dalam kategori gawat, kondisi RS mulai dipenuhi kembali oleh pasien COVID-19, perekonomian rakyat anjlok, dan sektor usaha banyak yang diperkirakan banyak yang  tutup.(sudah edit)

Kapan Berakhirnya PSBB di DKI Jakarta?

Mencabut aturan penerapan PSBB total yang akan berakhir, Pemprov DKI akan terlebih dahulu menerapan masa transisi untuk meninjau kembali perkembangan dampak penularan virus corona terhadap pemulihan awal aktifitas, dan transisi akan ditinjau dalam dua pekan,  namun keputusan berakhirnya penerapan PSBB terbaru belum dijelaskan kapan akan berakhirnya, dan untuk selanjutnya agar tidak ada lagi Jakarta Melakukan PSBB kembali.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *