10 Cara Merawat Lensa Kontak

Kelebihan dan kekurangan lensa kontak menjadi sorotan banyak orang, lihatlah cara merawat lensa kontak dibawah ini

Cara Merawat Lensa Kontak

Cara Merawat lensa kontak menjadi awet serta nyaman untuk penglihatan juga memperindah tampilan mata membutuhkan kontak lensa yang berkualitas, sebagus apapun kualitasnya, jika merawat dengan sembarangan akan berdampak buruk terhadap penglihatan mata Anda, dapat melukai atau mata kering dalam kelopak mata anda, dampak inilah yang harus anda perhitungkan.

Teknologi Lensa kontak

Penemuan sebuah alat untuk membantu kebutuhan mata seperti lensa kontak sangat berguna dan dibutuhkan oleh semua kalangan, bahkan sebagai bentuk menambah kecantikan mata, bukan saja untuk mata yang minus sekalipun, lensa kontak ini sebagai pengganti kacamata generasi kedua, yang mana kacamata tersebut rentan jatuh ataupun tergores kadang lupa meletakkan dimana kacamata tersebut.

Keunggulan Lensa Kontak

Tidak dapat dipungkuri untuk kelebihan lensa kontak dalam penampilan bisa merubah kepercayaan diri penggunanya.

Lensa kontak jelas banyak keunggulannya dibanding kacamata, namun jangan lupa lihatlah dengan cara merawat lensa kontak yang lebih ekstra hati-hati supaya tetap steril agar tidak menimbulkan masalah mata menjadi iritasi dan radang mata mengakibatkan mata menjadi kering.

Lihatlah Cara Merawat Lensa Kontak

Pada umumnya pemakaian lensa kontak akan mengurangi jumlah oksigen yang dibutuhkan kornea, dan ini akan mengakibatkan infeksi berlanjut menjadi mata kering disebabkan cairan dalam kelopak mata tidak sampai ke dalam kornea mata yang terhalang oleh lensa kontak. Tetapi Anda tidak perlu risau karena ada cara untuk menghindari terjadinya iritasi dan mata kering yang bisa anda lakukan, langkah yang harus anda lakukan untuk merawat lensa kontak adalah.

10 Cara merawat Lensa Kontak

  1. Sebelum atau sesudah memasang lensa kontak, bersihkan tangan sebersih mungkin, gunakan sabun cuci tangan agar steril dari kotoran debu atau minyak yang menempel di tangan.
  2. Hindari penggunaan lensa kontak dari air yang langsung terkena mata seperti mandi, cuci muka, bahkan saat berenang, admin pernah mengalaminnnya ketika naik motor tanpa menggunakan helm dan kaca mata saat lagi hujan, tidak terasa lensa tersebut lepas begitu saja tanpa terasa.
  3. Biasakan melepas lensa kontak saat mau tidur panjang, karena saat mata terpejam, asupan oksigen dari luar ke dalam kornea akan terhambat, ini dapat menyebabkan iritasi dan mata kering pada kornea mata anda, dan rentan terhadap kuman yang berada dalam lensa kontak berkembang. Tidak dianjurkan pemakaian lensa kontak dalam waktu yang lama, disinilah bahayanya kontak lensa akan kering dalam jangka yang lama dan keringnya itu menjadi kaku yang dapat melukai kornea mata.
  4. Rawatlah lensa kontak dengan cairan khusus pembersih lensa untuk merendamnya dan melarutkan kotoran dalam lensa kontak.
  5. Hindari pembersihan lensa kontak menggunakan air biasa bahkan air mineral sekalipun, hal ini menyebabkan bakteri acanthamoeba menempel, yang dapat menginfeksi mata anda dengan serius.
  6. Selalu buang cairan pembersih yang sudah dipakai, karena sudah tertanam kotoran atau kuman, bahkan kuman bisa berkembang biak lagi dalam cairan bekas tersebut.
  7. Gosoklah dengan halus lensa kontak anda dengan cairan pembersih, agar tidak merobek lensa tersebut.
  8. Lihatlah tanggal kadaluarsa lensa kontak tersebut bila melebihi batas yang ditentukan umur lensa kontak.
  9. Kotak penyimpanan lensa kontak tetap harus dibersihkan minimal sebulan sekali, dan lebih baik jika diganti yang baru, agar tetap steril dari kotoran dan kuman di dalam kotak lensa kontak Anda.
  10. Lensa kontak yang digunakan hanya sekali pakai tidak perlu dibersihkan, karena bukan diperuntukan penggunaan ulang, lensa kontak sekali pakai akan kadaluarsa dalam sehari dengan sistem pertahanan kuman yang akan habis dalam sehari, hal ini amat membahayakan kesehatan mata Anda.

Memang menggunakan contact lens tidaklah semudah dari kaca mata, butuh perawatan yang lebih dan hati-hati, namun di sisi lainnya lebih banyak kekurangannya dibanding menggunakannya, karena jari tangan sering bersentuhan dengan kornea langsung yang menyebabkan accident saat penggunaan maupun pelepasannya.

Saya rasa lebih tidak praktis menggunaknnya, akan tetapi anda butuh perhatian besar merawat kontak lensa supaya tetap terjaga kualitasnya.

Kontak lensa VS Kaca mata

Dari uraian di atas jelas sudah bahwa antara lensa kontak dan kaca mata tentu lebih unggul kontak lens dari pada kaca mata, dan lensa kontak juga lebih unggul dalam bahayanya.

Lulu:

This website uses cookies.